Salah satu kejadian banjir di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo terjadi pukul 15.00 (Foto: Pudalops PB BPBD Kota Batu for BatuTIMES)

Salah satu kejadian banjir di Desa Torongrejo, Kecamatan Junrejo terjadi pukul 15.00 (Foto: Pudalops PB BPBD Kota Batu for BatuTIMES)



MALANGTIMES - Dibandingkan dengan curah hujan bulan Maret 2019, ternyata pada bulan April 2019 lebih rendah.  Karena kondisi ini mempengaruhi berkurangnya kejadian bencana banjir, tanah longsor, tanah ambles, angin kencang/angin puting beliung. 

Pada bulan April totalnya ada 11 kejadian. Yakni satu kali banjir lumpur, lima kali banjir, satu kali tanah longsor, dan satu kali tanah ambles. 

Lalu kejadian musibah ada satu kali dahan patah, satu pendaki terjebak, dan satu kali bangunan tersambar petir. 

Kerusakan yang terjadi akibat bencana itu adalah dua plengsengan teknis dan non teknis ambrol. Lalu satu cek dam ambrol, dua tanggul bronjong rusak. 

Satu rumah rusak ringan, satu rumah rusak sedang, dan satu musala rusak ringan. Rincian kejadiannya pada Sabtu (6/4/2019) terdapat dua bencana.

Bencana terjadi di Jalan Sumber Brantas, Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji terjadi banjir lumpur. Lumpur itu dengan tinggi 15-20 centimeter. Panjang 40 meter dengan lebar 5 meter menutup akses menuju Desa Sumber Brantas. 

Lalu tanah longsor terjadi di jalan penghubung Dusun Brumbung dan Dusun Pagergunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Tebing dengan dimensi 10 meter, panjang 15 meter, dan lebar 6 meter, mengalami longsor dan menutup akses jalan desa. 

Dan di hari yang sama terdapat banjir di Dusun Prambatan, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Lalu Pada sabtu (13/4/2019) terjadi banjir di Jalan Arumdalu, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu.

Di hari yang sama juga terdapat dahan patah di Sultan Hasan Halim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. Hari yang sama juga terdapat bencana banjir di Jalan Hasanudin, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

Lalu pada Minggu (28/4/2019) ada pendaki terjebak di tanjakan PHP, Gunung Buthak, Kota Batu. Lainnya pada Jumat (5/4/2019) bangunan tersambar petir di Jalan Kenanga, Kelurahan Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu. 

Di hari yang sama terjadi banjir Dusun Kungkuk, Desa Punten, Kecamatan Bumiaji. Juga terjadi banjir di Dusun Prambatan, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Lalu pada Rabu (17/4/2019) tanah ambles di Jalan Agus Salim, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, Achmad Choirur Rochim mengatakan, pada bulan April cuaca di Kota Batu didominasi cerah, cerah berawan, mulai pagi sampah siang hari. Sedangkan cuaca mendung dan hujan ringan sering kali terjadi pada sore hari. 

“Untuk malam harinya cenderung berawan. Dan curah hujan di bulan April itu lebih rendah dibandingkan bulan Maret 2019,” kata Rochim.

Ia menambahkan, intensitas bencana lebih banyak banjir dibandingkan dengan tanah longsor. “Penyebabnya itu karena sampah di sungai menyebabkan air meluber,” tutupnya. 

End of content

No more pages to load