Kurangi Tumpukan Sampah, Pemkot Batu Tambah Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

May 05, 2019 18:52
Salah satu TPST di di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Salah satu TPST di di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Setiap harinya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo menampung hingga 80 ton sampah. Untuk mengurangi jumlah sampah yang setiap harinya bertambah Pemkot Batu berupaya terus menambah Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3 R (reduce, reuse, recycle) di masing-masing desa dan kelurahan di Kota Batu.

Baca Juga : Terkuak, Data Petani Terkena Limbah Greenfields Sejak Tahun Lalu Telah Dilaporkan, Tapi...

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arief Ad Siddiq mengatakan, di Kota Batu saat ini terdapat 4 TPST. Yakni di Kelurahan Dadaprejo Kecamata Junrejo, Desa Pandanrejo Kecamatan Bumiaji, Kelurahan Temas Kecamtan Batu, dan di Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji.

“Sebagai kota wisata, setiap harinya apalagi saat musim libur sampah terus bertambah. Sedangkan penampungan sampah ini hanya mampu bertahan hingga kurang lebih dua tahun kedepan, jadi kita butub TPST,” kata Arief.

Tahun 2019 ini, DLH Kota Batu telah melelang 7 paket pembangunan TPST lagi, sehingga tahun 2020  mendatang diharapkan sudah ada 11 TPST yang mampu mengolah sampah secara mandiri. “Ya semoga tahun ini lelang itu berhasil dan tetap waktu. Sehingga pada tahun 2020 kita sudah punya 11 TPST,” imbuhnya. 

Fungsi dari TPST-3R ini adalah tempat untuk pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendaur ulangan sebelum dibuang di TPA. Ya seperti di TPST-3R di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Junrejo di sana yang mengolah sampah itu adalah 10 warga setempat.

Di sana mereka bertugas untuk memilah sampah dari hasil sampah rumah tangga seluruh rumah di Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo. Dari gunungan sampah itu kemudian mereka melakukan pemilihan sampah sesuai dengan kategorianya.

Baca Juga : Hama Tikus Bikin Buntung, Dinas Pertanian : Alat Bantuan Masih Terkendala Lelang

Misalnya sampah plastik seperti botol bekas deterjen atau makanan ringan, besi hingga sampah organik. Jika sudah dilakukan pemilihan seperti sampah plastik setelahnya akan dijual atau dijadikan bahan daur ulang. 

Yang lainnya seperti sampah organik digunakan untuk pupuk. Karena memang di masing-masing TPST-3R juga dilengkapi dengan alat mesin pembuat pupuk, mesin pencacah sampah dan mesin pengayak pupuk.

 

Topik
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Tlekung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru