Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni bersama kontingen yang mengikuti Festival Karya Tari Jawa Timur 2019 di Surabaya. (Foto: Disbudpar Kota Malang for MalangTIMES)
Kepala Disbudpar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni bersama kontingen yang mengikuti Festival Karya Tari Jawa Timur 2019 di Surabaya. (Foto: Disbudpar Kota Malang for MalangTIMES)

MALANGTIMES - Prestasi membanggakan kembali ditorehkan seniman-seniman muda dari Kota Malang. 

Dalam kegiatan Festival Karya Tari Jawa Timur 2019, kontingen kota wisata ini menyabet gelar terbaik untuk dua kategori sekaligus. Yakni untuk Penata Tari Terbaik dan juga Penyaji Terbaik. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni mengungkapkan bahwa dalam dua kategori itu arek-arek Malang menjadi tiga terbaik tanpa jenjang. 

"Total ada sekitar 32 kontingen dari kota/kabupaten di Jawa Timur dalam festival itu. Kami bersyukur dari Kota Malang dinilai sebagai 3 terbaik non-ranking," ujar Dayu, sapaan akrabnya. 

Festival itu sendiri berlangsung selama tiga hari, yakni 1-3 Mei 2019 di Gedung Kesenian Cak Durasim, Surabaya. 

Selain karya tari dari Kota Malang, kategori Penata Tari Terbaik juga diperoleh Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Blitar. 

Sementara untuk Penyaji Terbaik, Kota Malang bersanding dengan Kabupaten Bojonegoro dan Blitar. 

"Kami menampilkan karya tari berjudul Liswan Gajayana, penata tari dan penata rias oleh Paramudita Selvia R Arbella, sedangkan musik oleh Noerman Rizky Alfarozi," terang Dayu.

Menurutnya, penyelenggaraan Festival Karya Tari Jawa Timur 2019 ini merupakan wahana apresiasi para seniman tari untuk berkompetisi demi kemajuan perkembangan seni tari di Jawa Timur.

Menurut Dayu, festival seperti ini merupakan sarana komunikasi yang penting untuk membangun, memberdayakan, dan pengakuan suatu identitas budaya. 

"Kami dari Disbudpar Kota Malang tentu akan mendukung penuh. Karena dengan seni dan budaya, bisa mengharumkan nama Kota Malang," pungkasnya. 

Para pembaca setia MalangTIMES pun dapat menikmati keindahan tari karya seniman muda Kota Malang dalam tautan video berikut: