Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu 2019 Tingkat Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Rekapitulasi suara tingkat kota untuk hasil Pemilu 2019 sudah dimulai Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Jumat (3/5/2019) di Hotel Harris. Proses rekapitulasi berlangsung sejak pukul 15.00 WIB sore tadi dan berjalan sampai malam ini.

Ketua KPU Kota Malang, Zaenuddin menyampaikan, dari lima kecamatan di Kota Malang, empat di antaranya sudah siap untuk melakukan penghitungan sejak sore tadi. Namun untuk Blimbing masih sedikit mengalami keterlambatan dikarenakan ada sedikit gangguan teknis.

"Jadi pembacaan rekapitulasi akan dimulai dari empat kecamatan yang siap, dan Kecamatan Blimbing akan dilaksanakan terakhir. Informasi saat ini di Blimbing sudah selesai, hanya tinggal tandatangan saksi saja," katanya pada wartawan, Jumat (3/5/2019).

Pria berkacamata itu menyampaikan, keterlambatan distribusi hasil rekap di Kecamatan Blimbing tersebut dapat dimaklumi. Karena Blimbing tergolong sebagai salah satu kecamatan dengan Tempat Pemungutan Suara (TPS) terbanyak, yaitu 508 TPS setelah Kecamatan Kedungkandang.

Sehingga ada kemungkinan petugas merasa kesulitan saat membuka seluruh kotak suara yang ada. Namun dia tetap optimis finalisasi di Kecamatan Blimbing akan selesai di hari ini. Karena proses penghitungan yang dilakukan tersebut akan terus dilaksanakan sampai malam hari nanti, sama halnya dengan penghitungan yang dilakukan di tingkat kecamatan. "Pasti akan dilanjutkan malam ini," papar alumnus ITN Malang itu.

Sementara itu, dari hasil hitung pertama yang dilakukan Kecamatan Klojen, pada hasil Pilpres 2019 menyatakan kemenangan pada Paslon Nomor Urut 01 yakni Jokowi-Ma’ruf dengan perolehan suara 41.934. Sedangkan Paslon Nomor Urut 2 Prabowo-Sandiaga memperoleh suara 20.519 suara.

Sementara hasil Pileg 2019 di kecamatan ini mencatat kemenangan ada pada Parpol PDI Perjuangan dengan perolehan suara total sebanyak 10.912. Disusul Partai PKB sebanyak 7.908 dan ketiga terbanyak diraih PKS dengan suara 7.046.

Lalu beberapa nama caleg yang memperoleh suara terbanyak di Dapil Klojen adalah dari PDI Perjuangan Iwan Mahendra, PKB diraih Arief Wahyudi, PKS diraih Bayu Reksa Aji, dari Nasdem adalah Gagah, Gerindra diambil Rimzah dan Golkar dimenangkan oleh Arief Budiarso.