Selama Ramadan, Wali Kota Malang Batasi Jam Operasional Bioskop

May 03, 2019 18:13
Sosialisasi pengumaman tentang menyambut bulan suci ramadan di Hotel Savana Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Sosialisasi pengumaman tentang menyambut bulan suci ramadan di Hotel Savana Kota Malang (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Jelang bulan suci Ramadan, Wali Kota Malang Sutiaji mengeluarkan pengumuman Nomor 4 Tahun 2019 tentang Menyambut dan Menghormati Bulan Suci Ramadhan 1440 H/2019 M. Dalam surat yang diedarkan itu, Sutiaji memberi imbauan yang salah satunya berkaitan dengan jam buka bioskop.

Dalam surat pengumuman yang dikeluarkan sejak 30 April 2019 itu, Sutiaji menyampaikan jika bioskop baru boleh buka sejak pukul 13.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. Kemudian dapat kembali buka pukul 20.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Kecuali Minggu, bioskop dapat beroperasi sejak pukul 10.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB dan kembali dibuka pada pukul 20.00 WIB sampai 24.00 WIB.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

Selain bioskop, Play Station dan permainan ketangkasan lainnya juga dibuka mulai pukul 13.00 WIB sampai 17.00 WIB. Kecuali Minggu buka mulai pukul 10.00 WIB sampai 17.00 WIB. Sedangkan warnet wajib tutup pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB.

Tak hanya itu, dalam surat pengumuman itu juga disampaikan jika diskotik, panti pijat, spa, pub, bar, karaoke, cafe, dan kelas malam wajib tutup penuh selama Ramadan, termasuk fasilitas pub, bar, karaoke, hingga spa yang melekat pada fasilitas hotel. Sementara panti pijat tunanetra negara, pijat refleksi, dan spa khusus perempuan tetap bisa buka seperti biasa.

Bagi restoran dan rumah makan diimbau untuk menutup jendela atau menutup dengan kain saat buka di siang hari. Fasilitas live musik yang melekat pada rumah makan bisa dimanfaatkan hanya pada pukul 17.00 WIB sampai 21.00 WIB dengan volume tak menganggu.

Selanjutnya bagi para pedagang takjil dan pengisi hiburan ramadan diperbolehkan dengan ketentuan tidak berada di badan jalan, tidak menutup jalan, tidak menganggu lalu lintas, tidak menutup akses keluar masuk rumah atau tempat usaha, pelaksanaan kegiatan pukul 15.00 WIB sampai 18.00 WIB, membuang sampah pada tempatnya, dan berpakaian nuansa muslim.

Baca Juga : NU-Muhammadiyah Sepakat Imbau Warga Kota Malang Ibadah di Rumah Saja

Sementara itu,  PLT Bakesbangpol Kota Malang, Supriyadi menyampaikan jika Pemkot Malang telah memerintahkan kepada masing -masing lurah untuk  menyampaikannya surat edaran tersebut. Sehingga segera disosialisasikan kepada pemilik usaha dan masyarakat agar bisa dipahami.

"Kami akan  melakukan operasi gabungan untuk  menjaga suasana yang kondusif diwilayah Kota Malang selama Ramadan tahun ini. Jika ada pelanggaran akan dikenakan sanksi, tapi kami lebih utamakan persuasif," paparnya. 

Topik
Berita MalangJelang bulan suci RamadanBatasi Jam Operasional BioskopWali Kota MalangSutiaji

Berita Lainnya

Berita

Terbaru