Tari Prabangsa dari Kabupaten Malang di Festival Karya Tari 2019 di Surabaya (Disparbud)

Tari Prabangsa dari Kabupaten Malang di Festival Karya Tari 2019 di Surabaya (Disparbud)



MALANGTIMES - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang terus mengintensifkan keikutsertaannya dalam berbagai kegiatan. Khususnya dalam kegiatan mempromosikan berbagai potensi pariwisata di berbagai acara yang diselenggarakan di luar daerah.

Hal ini terlihat, dari keikutsertaan Disparbud Kabupaten Malang di acara Majapahit Internasional Travel Fair dan Festival Karya Tari 2019 yang digelar di gedung Cak Durasim, Kota Surabaya. Dimana dua agenda seni budaya dan pariwisata itu dilaksanakan sejak tanggal 1-5 Mei 2019 datang.

Di acara bergengsi itu, Disparbud Kabupaten Malang membawa Prabu Prabangsa. Putra Panji Inukertapat dari kerajaan Jenggala dan Dewi Sekartaji dari kerajaan Daha, Kediri. Dalam sebuah tari kreasi Panji yang merupakan seni budaya Kabupaten Malang yang masih terpelihara sampai saat ini.

Made Arya Wedanthara Kepala Disparbud Kabupaten Malang bersama para penari Prabangsa (Disparbud)

Prabangsa yang ditarikan dalam festival karya tari 2019 inilah yang dijadikan bagian dalam mempromosikan kekayaan seni budaya Kabupaten Malang sebagai bagian dalam memperkuat potensi pariwisata yang terus tumbuh membesar di Kabupaten Malang.

"Prabangsa kita angkat dalam festival tari 2019. Tari ini tentunya cukup familiar karena diangkat dari tokoh Panji. Selain itu tari Prabangsa ini juga warisan seni budaya kita yang masih lestari di Kabupaten Malang," kata Made Arya Wedanthara Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Jumat (03/05/2019) yang secara langsung hadir di acara tersebut.

Festival Karya Tari 2019 yang diselenggarakan di Gedung Cak Durasim, Kota Surabaya, selama tiga hari, mulai 1-3 Mei 2019. Diikuti oleh beberapa kabupaten/kota di Jatim. Misalnya, Bojonegoro, Pamekasan, Tulungagung, Magetan, Kota Probolinggo dan lainnya.

Tidak hanya membawa Prabangsa yang dikenal dalam cerita sebagai sosok yang ugal-ugalan tapi memiliki jiwa kstaria dan rela berkorban jiwa untuk tanah tumpah darahnya. Disparbud Kabupaten Malang juga mengangkut keindahan pantai Wedi Awu di Grand City, Kota Surabaya.

Pantai Wedi Awu yang terletak di Purwodadi, Tirtoyudo, semakin membius para wisatawan yang membutuhkan tantangan berwisata di pantai. Wisatawan tidak hanya melepas pandangan untuk menikmati alam pesisir pantai saja. Di pantai Wedi Awu, wisatawan pun diajak untuk bertualang di lautan lepas. Baik berselancar, baik siang bahkan malam hari sampai menaiki Speedboat. 

Berbagai potensi luar biasa inilah yang diusung oleh Disparbud dalam  Majapahit Travel Fair 2019 ini. Memadukan kekuatan seni budaya warisan leluhur yang terus ditampilkan secara kekinian di era milenial sampai keindahan alam pesisir Kabupaten Malang yang memang memiliki ratusan destinasi wisata pantai.

Made Arya pun mengatakan, bahwa pada agenda-agenda tahunan inilah pihaknya memfasilitasi potensi luar biasa tersebut. Mengangkutnya ke luar untuk diperkenalkan secara luas kepada khalayak ramai. Promosi pariwisata tidak bisa hanya mengandal satu sisi strategi saja. Tapi berbagai strategi untuk semakin mendekatkan potensi tersebut ikut menjadi kunci keberhasilan suatu destinasi wisata. Salah satunya adalah Majapahit Travel Fair.

"Majapahit Travel Fair merupakan even tahunan dalam mempromosikan potensi pariwisata bagi daerah di Jawa Timur. Sehingga event ini sangat tepat untuk mempromosikan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Malang," ucap Made Arya.

End of content

No more pages to load