Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Sidak Pasar Tradisional, Satgas Pangan Temukan Harga Bawang Putih di Blitar Meroket

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Lazuardi Firdaus

03 - May - 2019, 15:31

Satgas Pangan Polres Blitar bersama instansi terkait saat sidak pasar
Satgas Pangan Polres Blitar bersama instansi terkait saat sidak pasar

MALANGTIMES - Menyambut bulan suci Ramadan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Blitar bersama instansi terkait Pemkab Blitar melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Blitar, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga : Pertama Kalinya di Malang Ada Studio Apartemen Luas Harga Termurah Hanya di Kalindra

Dari sidak ini satgas pangan menemukan kenaikan harga bawang putih di pasar tradisional Kabupaten Blitar yang cukup signifikan menjelang bulan Ramadhan. Yakni, dari harga awal Rp 30.000 per kg naik menjadi Rp 60.000 sampai Rp 65.000. Kenaikan harga komoditas bawang putih ini ditemukan usai Satgas Pangan Polres Blitar sidak di pasar tradisional Kecamatan Wlingi.

Selain bawang putih, Satgas Pangan juga menemukan tiga komoditas lain yang mengalami kenaikan. Yaitu telur dan daging ayam yang masing-masing mengalami kenaikan antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000 per kg.

Meski ada  tiga komoditas yang mengalami kenaikan namun harga beras justru turun harga mulai  Rp 1.000-2.000 per kg. Tergantung kualitas dan jenis berasnya. 

"Kami lakukan sidak gabungan bersama sejumlah instansi terkait Pemkab Blitar. Hasilnya kami temukan harga bawang putih naik cukup signifikan. Disusul dengan harga telur dan daging ayam yang juga mengalami kenaikan," kata Kasatreskrim Polres Blitar AKP Sodik Effendi, Jumat (3/5/2019).

Meski sejulah harga komoditi naik pihaknya memastikan stok pangan menjelang bulan Ramadhan dipastikan aman. Harga komoditas lain juga masih stabil. "Harga naik sedikit ini sesuai hukum pasar. Ketika permintaan naik, harga otomatis juga naik dan masih di angka wajar. Namun untuk stok pangan dipastikan aman," jelasnya.

Imbuh Sodik, Satgas Pangan akan melakukan sidak ini secara terus menerus. Untuk memantau perkembangan harga dan memantau ketersediaan stok pangan. "Selain sidak kami akan melakukan koordinasi dengan stake holder lainnya. Serta akan ada intervensi pasar dengan menggelar operasi pasar bersama dinas perdagangan untuk menstabilkan harga," tutupnya.(*)


Topik

Ekonomi malang berita-malang Polres-Blitar Harga-Bawang-Putih Kabupaten-Blitar pasar-tradisional Satgas-Pangan dinas-perdagangan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Lazuardi Firdaus