MALANGTIMES - Ada sedikit kegegeran dalam Ijtima Ulama III yang digelar di Hotel Lorin, Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu, (1/5). Ustaz Haikal Hassan mengajak para ustaz dan kiai untuk sowan ke kediaman Calon Wakil Presiden 01 Ma'ruf Amin sore nanti.

Hal ini terlihat dalam salah satu video yang menunjukkan Haikal Hassan, dengan suaranya yang keras dan semangat membara, menyusuri meja-meja untuk mengajak para ustaz dan kiai mendatangi rumah Ma'ruf Amin.

"Sore ini kita datang ke rumah Kiai Ma'ruf. Daftar! Daftar!" ujar pria yang akrab disapa Babe Haikal Hassan tersebut.

Ia lantas mendekat ke satu meja dan menyatakan tujuannya mendatangi Ma'ruf Amin adalah untuk mengetuk hatinya.

"Para Ustad, para Kiai, kita akan mengetuk hati Kiai Ma'ruf," ujarnya.

Selanjutnya dikatakan Haikal Hassan bahwa paslon satu telah melakukan tindak kecurangan dalam pemilu.

"Kiai Ma'ruf adalah calon wakil presiden dari paslon satu yang kita telah lihat secara sah dan meyakinkan banyak kejadian terjadi kecurangan. Wallahualam apakah sengaja atau tidak sengaja, tetapi telah terbukti terstruktur dan masif," tegasnya.

Di tengah para ulama yang tergabung dalam ijtima ulama III, Haikal Hassan meminta kepada para ulama untuk bersedia ikut sowan mendaftarkan dirinya untuk didata.

Menanggapi hal ini, komentar dari netizen pun beragam. Ada yang mendukung dan kagum terhadap perjuangan para ulama tersebut. Ada pula yang mengingatkan untuk tetap menghormati Kiai Ma'ruf. Bahkan, ada yang mengaku kasihan kepada Ma'ruf lantaran dirasa terjebak dalam kebathilan.

Langit Garuda menuliskan, "Kasihan Kiai Ma'ruf terjebak dalam kebathilan. Save Kiai Ma'ruf!"

Komentar positif datang dari Vicka Amelia, "Masya Allah, Teruslah berjuang ulama-ulama, habib-habib, ustaz-ustaz, guru-guru kami untuk negeri ini doa kami bersamamu, aamiiiinn".

Sementara itu Sialan Dangkalan mengingatkan untuk menghormati Kiai Ma'ruf. "Jangan ada kebencian kepada Kiai Ma'ruf Amin. Beliau tetap seorang ulama yang harus dihormati dan kita doakan sebagai orang tua kita!" tulisnya.