Suasana kebahagiaan di pulau Bali, Indonesia. (Foto: istimewa)

Suasana kebahagiaan di pulau Bali, Indonesia. (Foto: istimewa)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Indonesia berada di peringkat ke 5 sebagai negara berpenduduk paling bahagia di dunia. Peringkat itu didapatkan dari lembaga jajak pendapat yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat, yakni Gallup yang telah menyurvei kebahagiaan penduduk. 

Hasil jajak pendapat itu menemukan fakta dari berbagai daerah yang telah dikunjungi. Negara Amerika Latin mendominasi peringkat teratas daftar negara dengan penduduk dewasa yang mengalami perasaan positif setiap hari. "Satu-satunya negara di luar kawasan itu adalah Indonesia, yang masuk peringkat teratas sejak 2017," demikian pernyataan Gallup dalam laporannya.

Negara-negara Amerika Latin bisa diperingkat teratas karena kultur lokalnya dianggap mengedepankan hal-hal yang positif dalam kehidupan.

Berikut daftar negara berpenduduk paling bahagia adalah Paraguay dengan nilai 85, Panama meraih 85, Guatemala nilainya 84, Meksiko mendapatkan 84, dan Indonesia meraih nilai 83. 

Sementara itu, daftar negara berpenduduk paling stres yakni Chad mendapatkan 54, Niger meraih 50, Pantai Gading nilainya 50, Irak dengan nilai 49, dan Iran skornya 48.

Para peneliti Gallup fokus menanyakan perasaan yang dialami para responden satu hari sebelum jajak pendapat. Pertanyaan yang diajukan antara lain "Apakah kemarin Anda tersenyum atau cukup sering tertawa?" dan "Apakah Anda diperlakukan secara layak?".

Pertanyaan-pertanyaan itu diklaim untuk mengambil gambaran umum tentang perasaan seseorang setiap hari. Sekitar 71 persen responden mengaku cukup bahagia. Namun di sisi lain, tingkat stres, kecemasan, dan kesedihan meningkat. Sebanyak 39 persen responden mengaku merasakan kekhawatiran dan 35 persen lainnya tertekan sehari sebelum survei dilakukan.

End of content

No more pages to load