Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Gaya

Penduduk Indonesia Paling Bahagia Urutan ke 5 di Dunia

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

30 - Apr - 2019, 20:24

Suasana kebahagiaan di pulau Bali, Indonesia. (Foto: istimewa)
Suasana kebahagiaan di pulau Bali, Indonesia. (Foto: istimewa)

MALANGTIMES - Indonesia berada di peringkat ke 5 sebagai negara berpenduduk paling bahagia di dunia. Peringkat itu didapatkan dari lembaga jajak pendapat yang berbasis di Washington DC, Amerika Serikat, yakni Gallup yang telah menyurvei kebahagiaan penduduk. 

Baca Juga : Fashion Hijab Wud Hadirkan Koleksi Baru, Pertahankan Bisnis Saat Pandemi Covid-19

Hasil jajak pendapat itu menemukan fakta dari berbagai daerah yang telah dikunjungi. Negara Amerika Latin mendominasi peringkat teratas daftar negara dengan penduduk dewasa yang mengalami perasaan positif setiap hari. "Satu-satunya negara di luar kawasan itu adalah Indonesia, yang masuk peringkat teratas sejak 2017," demikian pernyataan Gallup dalam laporannya.

Negara-negara Amerika Latin bisa diperingkat teratas karena kultur lokalnya dianggap mengedepankan hal-hal yang positif dalam kehidupan.

Berikut daftar negara berpenduduk paling bahagia adalah Paraguay dengan nilai 85, Panama meraih 85, Guatemala nilainya 84, Meksiko mendapatkan 84, dan Indonesia meraih nilai 83. 

Sementara itu, daftar negara berpenduduk paling stres yakni Chad mendapatkan 54, Niger meraih 50, Pantai Gading nilainya 50, Irak dengan nilai 49, dan Iran skornya 48.

Baca Juga : Sarung Tangan Mirip Kulit Manusia Bisa Cegah Covid-19? Unik atau Seram Ya?

Para peneliti Gallup fokus menanyakan perasaan yang dialami para responden satu hari sebelum jajak pendapat. Pertanyaan yang diajukan antara lain "Apakah kemarin Anda tersenyum atau cukup sering tertawa?" dan "Apakah Anda diperlakukan secara layak?".

Pertanyaan-pertanyaan itu diklaim untuk mengambil gambaran umum tentang perasaan seseorang setiap hari. Sekitar 71 persen responden mengaku cukup bahagia. Namun di sisi lain, tingkat stres, kecemasan, dan kesedihan meningkat. Sebanyak 39 persen responden mengaku merasakan kekhawatiran dan 35 persen lainnya tertekan sehari sebelum survei dilakukan.


Topik

Gaya malang berita-malang Indonesia-peringkat-5-Penduduk-Bahagia-di-Dunia lembaga-jajak-pendapat-Washington-DC Amerika-Serikat


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya