Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Mahasiswa Penerima Beasiswa BI Malang Belajar Menulis Kreatif dan Public Speaking

Penulis : Nurlayla Ratri - Editor : Lazuardi Firdaus

30 - Apr - 2019, 17:25

Suasana kegiatan pelatihan menulis kreatif yang diikuti GenBI Malang Raya. (Foto: Dokumen BI Malang)
Suasana kegiatan pelatihan menulis kreatif yang diikuti GenBI Malang Raya. (Foto: Dokumen BI Malang)

MALANGTIMES - Para penerima beasiswa Bank Indonesia (BI) mendapat kesempatan belajar menulis kreatif dan public speaking. Pelatihan itu untuk meningkatkan kapasitas sekaligus kemampuan mahasiswa di bidang kreatif. Untuk wilayah BI Malang, setidaknya ada 150 mahasiswa yang setiap tahunnya tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI). 

Baca Juga : Belajar dari Rumah Lewat TVRI Mulai Hari Ini, Intip Jadwalnya Yuk!

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) BI Malang Azka Subkhan Aminurridho mengungkapkan, pihaknya tidak ingin hanya sekedar memberikan beasiswa. "Bank Indonesia juga berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas GenBI selaku mahasiswa penerima beasiswa BI melalui berbagai kegiatan peningkatan soft skill," ujar Azka.

Selama ini, mereka menempuh pendidikan di sejumlah universitas negeri. Namun hari ini (30/4/2019) mereka dikumpulkan di Hotel Atria untuk mengikuti kegiatan capacity building GenBI Korkom Malang Writing Skill & Public Speaking. Workshop itu mengangkat tema Stay Classy and Get the Spotlight. 

"Kami tidak hanya memberi uang, tetapi juga ingin memberikan pengalaman. Kali ini kita harapkan mahasiswa memiliki kemampuan untuk berbicara dan menulis," tambah Azka. Menurutnya, sebagai garda terdepan, GenBI diharapkan dapat menjadi agen komunikasi terhadap berbagai kebijakan dan program BI kepada masyarakat luas.

Baca Juga : Cegah Covid 19 Pada Lansia dan Anak-Anak, Pemkot Batu Akan Beri Tambahan Nutrisi

Caranya, melalui berbagai media seperti penulisan artikel opini di media massa, media sosial, maupun melalui kegiatan sharing langsung di berbagai forum. "Kemampuan menulis dan berbicara di depan umum sangat dibutuhkan terlebih ketika para anggota GenBI telah terjun ke dunia kerja," tuturnya.

"GenBI diharapkan dapat memiliki kemampuan untuk mengungkapkan ide dan pendapat baik secara tertulis, maupun penyampaian secara langsung dalam berbagai forum," lanjut Azka. Peserta pelatihan ini merupakan 150 mahasiswa penerima beasiswa BI (GenBI) yang berasal tiga universitas negeri yang ada di Malang yakni Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu ada juga perwakilan mahasiswa dari GenBI Jawa Timur, Kediri, dan Jember.


Topik

Pendidikan Beasiswa-BI-Malang beasiswa-Bank-Indonesia menulis-kreatif-dan-public-speaking Generasi-Baru-Indonesia


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurlayla Ratri

Editor

Lazuardi Firdaus