DPM PTSP Kota Malang Dorong Pengusaha Pro Aktif Urus Izin Melalui OSS

Apr 30, 2019 14:29
Layanan pada Bilik OSS DPMPTSP Kota Malang yang selalu ramai oleh para pengusaha yang akan mengurus izin usaha mereka (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).
Layanan pada Bilik OSS DPMPTSP Kota Malang yang selalu ramai oleh para pengusaha yang akan mengurus izin usaha mereka (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) atau dulu dikenal sebagai Dinas Perizinan Kota Malang dorong pengusaha untuk pro aktif urus izin melalui sistem Online Single Submission (OSS).

Baca Juga : Warga Terdampak Covid-19 di Kabupaten Malang, Bakal Dapat Pasokan Makanan Dapur Keliling

Karena berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (PBTSE), OSS menjadi salah satu sistem yang dibuat untuk memudahkan para pengusaha dalam mengurus izin usaha.

Di Kota Malang sendiri, sistem OSS sudah berjalan sejak awal 2019. Dinas Perizinan juga sudah menyediakan bilik khusus untuk memberi pendampingan kepada para pengusaha yang masih merasa sulit saat akan mengurus izin.

"Melalaui sitem OSS ini, sebenarnya para pengusaha yang dituntut pro aktif. Karena kami para pendamping hanya bisa mendampingi saja dan tidak boleh ikut melakukan pengisian data," kata Pendamping OSS DPM PTSP Kota Malang, Yogi Dwi Prastita Putra pada MalangTIMES belum lama ini.

Yogi menyampaikan, saat ini masih ada beberapa pengusaha yang salah paham terkait sistem OSS. Sebagian mengira jika selesai menginput data dalam sistem, secara otomatis izin usaha mereka sudah keluar. Padahal, masih ada beberapa di antara pengusaha yang kelewatan saat mencentang bagian komitmen. Sehingga, saat dicetak tidak akan ada barcode khusus.

Baca Juga : Dinsos-P3AP2KB Salurkan Bantuan bagi 1.666 Warga Miskin

"Dan saat diprint sendiri, pengusaha langsung menempel di tempat usaha mereka. Sehingga sering terjadi kebingungan saat petugas akan menindak, dan pengusaha sendiri juga kebingungan karena mereka merasa sudah memiliki izin, dan usaha mereka legal," jelasnya.

Melalui layanan Bilik OSS DPMPTSP Kota Malang, menurutnya para pengusaha tidak harus menyia-nyiakan. Terlebih untuk pengusaha yang masih merasa kebingungan saat akan mengisi data OSS dari rumah. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
MalangBerita MalangDinas Perizinan Kota MalangOnline Single SubmissionDinas Penanaman ModalPerizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru