Ilustrasi hujan petir(Wavebreakmedia Ltd)
Ilustrasi hujan petir(Wavebreakmedia Ltd)

MALANGTIMES - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan peringatan dini bencana hidrometeorologi di sejumlah wilayah di Indonesia. Cuaca ekstrem diperkirakan akan terjadi hari ini (30/4/2019) dan berimbas ke wilayah Jawa Timur, termasuk Malang Raya. Warga masyarakat pun diimbau untuk waspada. 

Dilansir oleh laman resmi bmkg.go.id terdapat informasi mengenai intrusi (aliran) massa udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) yang melintasi wilayah Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik timur Filipina. Juga instrusi massa udara kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintasi Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTT. 

Kondisi tersebut menyebabkan berkurangnya potensi hujan di wilayah yang dilewatinya. Namun, meningkatkan potensi hujan di depan muka instrusi karena massa udara lembab/basah. Dengan kata lain, wilayah yang tidak terlewati massa udara kering tersebut justru berpotensi mengalami hujan lebat. 

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat yakni meliputi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara. Sementara wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, kilat/petir yakni Aceh, Jawa Barat, Jabodetabek, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Maluku. 

Untuk wilayah Jawa Timur, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat berpotensi muncul di Sumenep, Batu, Madiun, Pasuruan, Lumajang, Situbondo, Bondowoso, dan Jember. Juga di Kota Malang, Banyuwangi, Pulau Bawean, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Sidoarjo, Tuban, Bojonegoro, dan Lamongan.