Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).

Wali Kota Malang, Sutiaji (Pipit Anggraeni/MalangTIMES).



MALANGTIMES - Jalan rusak  yang selama ini banyak dikeluhkan warga Kota Malang tak lama lagi segera dibenahi. Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan bahwa masalah jalan rusak maupun banjir akan mulai diatasi pada Mei ini. Dia juga menegaskan saat ini pihaknya sudah mengantongi beberapa titik yang harus segera dibenahi.

Menurut Sutiaji, pembenahan jalan rusak baru dapat dilaksanakan pada Mei lantaran dilatarbelakangi berbagai hal. Salah satunya berkaitan dengan masalah pendanaan. Dana yang digunakan harus sesuai dengan aturan dan tak bisa serta-merta.

"Kami bukannya acuh tak acuh, tapi semuanya memang harus sesuai aturan. Silpa kita besar, tapi itu tak bisa digunakan serta merta begitu saja. Insya Allah bulan Mei kita perbaiki semua," ungkapnya.

Lebih jauh Sutiaji menjelaskan, pembenahan jalan harus menggunakan anggaran yang telah ditentukan. Kecuali untuk jalan yang kerusakannya tak diprediksi sebelumnya, dapat menggunakan dana insidental.

Sementara tahun ini, anggaran insidental sudah habis. Sehingga Pemerintah Kota Malang harus memutar otak dan mencari dana yang tepat untuk bisa dimanfaatkan. Selain itu, tahun ini terjadi gagal lelang untuk beberapa ruas jalan yang semestinya memang dilakukan perawatan dan pembenahan.

"Tapi kami akan kembali lakukan lelang di APBD-Perubahan, dan kemudian segera diselesaikan titik yang semestinya dibenahi," ucapnya lagi.

Dia pun menargetkan agar masalah infrastruktur, utamanya jalan rusak dan faktor penyebab banjir, sudah rampung diselesaikan pada 2020 secara keseluruhan. Sehingga, perputaran ekonomi berjalan lebih lancar dan masyarakat tidak lagi mengeluh pada hal mendasar.

"Kami juga mengharapkan peran serta masyarakat untuk turut memantau kondisi jalan. Ketika memang jalan yang rusak dan kemudian dibenahi, tapi dalam hitungan bulan sudah kembali rusak, silakan sampaikan kepada kami," pungkasnya. 

 

End of content

No more pages to load