Perhatian, Mulai Besok Polres Malang Bakal Rutin Lakukan Oprasi, Hindari 8 Poin Ini Jika Tidak Ingin Kena Tilang

MALANGTIMES - Pemberitaan ini bisa menjadi atensi bagi masyarakat, khususnya pengguna jalan yang melintas di wilayah Kabupaten Malang agar lebih menaati peraturan. Hal ini dikarenakan Polres Malang bakal menggelar operasi besar-besaran di wilayah hukum mereka, mulai besok (Senin 29/4/2019).

“Operasi Keselamatan Semeru 2019 ini, agendanya mulai dari tanggal 29 April hingga 12 Mei,” kata Kasatlantas Polres Malang, AKP William Thamrin Simatupang.

William menambahkan jika ada 8 poin yang bakal dijadikan sasaran petugas saat menjalankan giat tahunan tersebut. Ke 8 poin itu meliputi pengendara motor yang tidak mengenakan helm SNI (Standart Nasional Indonesia), Pengendara roda 4 yang tidak mengenakan Safety Belt. Kemudian pengguna jalan yang melebihi batas kecepatan mengemudi, mengendarai kendaraan dalam kondisi pengaruh obat-obatan dan alkohol, pengendara di bawah umur, menggunakan handphone saat berkendara, melawan arus lalu lintas, dan yang terakhir adalah truk/bak terbuka dilarang untuk mengangkut orang.

“Operasi Keselamatan Semeru ini bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan tertib dalam berlalu lintas. Kami akan lebih mengutamakan tindakan pre-emtif dan preventif, serta memberi teguran dan edukasi kepada penguna jalan agar lebih mengutamakan keselamatan,” terang perwira polisi dengan tiga balok dibahu ini.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Malang AKP Ainun Djariyah menjelaskan, jumlah pelanggaran yang berujung tilang, memang marak terjadi. Di triwulan pertama tahun 2019 ini misalnya, Polres Malang sudah “mengobral” lebih dari 5.000 surat tilang.

Rinciannya, bulan januari terdapat 1.802 pengguna jalan yang terbukti melanggar lalu lintas dan ditilang. Bulan februari terdapat 2.032. Sedangkan maret sebanyak 2.098 tilang yang dilayangkan Polres Malang. “Sejak bulan Januari hingga Maret  tahun 2019 ini, sudah ada 5.932 pengguna jalan yang kena tilang,” pungkasnya.

Top