Sempat Terkendala, Lelang Pembangunan Malang Creative Centre Kota Malang Ditarget Rampung Tahun Ini

Apr 28, 2019 16:39
Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, M. Subhan
Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, M. Subhan

MALANGTIMES - Lelang pembangunan Malang Creative Centre (MCC) sebagai pusat ekonomi kreatif Kota Malang sempat terkendala karena beberapa alasan.

Meski begitu, proses lelang akan tetap dilanjutkan dan ditarget rampung tahun ini.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Perindustrian Kota Malang, M Subhan yang menyampaikan, bangunan setinggi delapan lantai itu akan mulai dibangun secepatnya usai proses lelang usai. 

Sehingga, rumah kreatif tersebut dapat segera dimanfaatkan.

"Di sana akan didesain bukan sebagai tempat berjualan. Tempat jualan ada sendiri, tapi di sana hanya tempat bertemunya buyer dan seller saja," katanya pada wartawan, Minggu (28/4/2019).

Lebih jauh dia menyampaikan, MCC nantinya akan terus berkonsentrasi pada 16 subsektor industri kreatif yang saat ini juga sudah berjalan. Mulai dari industri makanan dan minuman, fashion, hingga animasi dan perkembangan digitalisasi lainnya.

Sehingga, lanjutnya, investasi di Kota Malang akan mengalami pertumbuhan seiring dengan semakin dibukanya gerbang transaksi dalam ekonomi kreatif. 

Karena selama ini industri kreatif di Kota Malang lumayan banyak menarik perhatian buyer dari berbagai daerah, bahkan luar negeri.

"Meski masih ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi. Tapi selama ini industri kreatif kita, terutama yang dikerjakan anak muda selalu banyak mendapat perhatian," imbuhnya.

Melalui MCC, Pemkot Malang menurutnya menargetkan mampu menelurkan startup baru.

Sehingga akan semakin banyak lagi anak muda kreatif yang dapat menyalurkan sederet inovasi yang selama ini digagas. 

Dengan sendirinya, perputaran ekonomi akan mengalami pertumbuhan signifikan seiring dengan semakin banyaknya startup yang tumbuh.

"Jadi startup tidak mati sebelum berkembang. Mereka bisa saling membantu untuk memajukan setiap usaha yang dibuat. Dan nanti ada tempat khusus di MCC," papar Subhan.

Sementara terkait anggaran yang dibutuhkan berdasarkan proyek perencanaan fisik atau Detail Engineering Design (DED) sampai bangunan itu selesai senilai Rp 500 miliar. 

Topik
MalangBerita MalangMalang Creative Centre Kota Malangpusat ekonomi kreatif Kota MalangDinas Perindustrian Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru