Era Milenial, Pimred MalangTIMES Beri Wawasan Jurnalistik yang Sudah Tertera dalam Al-Quran

Apr 27, 2019 13:48
Pimred MalangTIMES, Heryanto saat memberikan materi dalam acara Tarkhib Ramadan 1440 H dengan tema 'Kaum Milenial, Al-Quran itu Keren' (Igoy)
Pimred MalangTIMES, Heryanto saat memberikan materi dalam acara Tarkhib Ramadan 1440 H dengan tema 'Kaum Milenial, Al-Quran itu Keren' (Igoy)

MALANGTIMES - Dalam Tarkhib Ramadan 1440 H dengan tema 'Kaum Milenial, Al-Quran itu Keren', salah satu pemateri yakni Pimpinan Redaksi (Pimred) MalangTIMES, Heryanto memberikan sebuah wawasan tentang jurnalistik yang sudah ada dan tertera di dalam Al-Quran.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

Dalam pembahasan yang diinisiasi oleh media online mainstream berjejaring terbesar di Indonesia MalangTIMES, bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Malang, dan DPD Hidayatullah Malang tersebut, Heryanto memberikan sebuah wawasan tentang perjalanan jurnalistik yang hubungannya tidak jauh dari Al-Quran.

Bahwasannya dalam perjalanan panjang Al-Quran diturunkan itu sudah melalui proses dimana melibatkan banyak peran dari nabi dan rasul.

Di dalam isi Al-Quran itu sendiri, setiap kejadian yang terjadi pada zamannya tertulis jelas dan tidak ada satupun yang terlewatkan. "Jadi semua dalam dunia jurnalistik itu sudah ada dalam Al-Quran. Di dalam isi Al-Quran, ada proses informasi kepada umatnya, begitu juga dengan jurnalistik, ada pula informasi yang diberikan kepada masyarakat," ujar Heryanto.

Selain itu, ilmu jurnalistik juga sama seperti sifat Nabi Muhammad SAW, dimana ada empat sifat yang juga harus dipegang oleh jurnalis.

"Yang pertama, Siddiq berarti jujur atau benar, kedua Amanah berarti dapat dipercaya, ketiga Tabligh berarti menyampaikan dan terakhir Fathonah berarti cerdas," ungkapnya.

Baca Juga : MUI Sebut Puasa Ramadan Bentengi Diri dari Covid-19, Imbau Ibadah di Rumah

Namun, di dalam era milenial saat ini Heryanto mengatakan kegiatan jurnalistik tidak lepas dari peran internet.

Sama halnya dengan ilmu pendidikan saat ini, internet menjadi salah satu konsumsi paling banyak digunakan mulai siswa hingga mahasiswa tingkat akhir. Betapa tidak? Internet saat ini menyajikan semua yang dibutuhkan oleh manusia.

"Internet kalau tidak dibentengi Al-Quran, akan sangat berbahaya. Apalagi di dunia pendidikan saat ini sangat lekat dengan internet. Jadi semua ada banyak kaitannya dengan Al-Quran," pungkasnya. 

Topik
MalangBerita MalangEra MilenialTarkhib Ramadan 1440 HKaum Milenial Al Quran itu Kerenbaitul Maal HidayatullahUniversitas Islam Negeri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru