Emil Dardak saat membuka Pekan Cipta Seni Pelajar 2019. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)
Emil Dardak saat membuka Pekan Cipta Seni Pelajar 2019. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak membuka Pekan Cipta Seni Provinsi Jawa Timur 2019 di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM), Jumat (26/4).

Dalan sambutannya Emil menyatakan, satu hal yang dicapai dengan terselenggaranya Pekan Cipta Seni ini yakni melakukan pembibitan seniman-seniman muda yang berpotensi. "Kita berharap kita bisa meneruskan potensi bakat membuat apa yang disebut sebagai Jawa Timur Dream Team. Jadi bagaimana kita bisa melihat bibit-bibit yang kemudian bisa menjadi talenta-talenta Jawa Timur," ujar suami Arumi Bachsin tersebut.

Baca Juga : WORO & The Night Owls Gebrak Maret dengan Album Perdananya

Pekan Cipta Seni ini dikatakan Emil, selain melestarikan budaya juga mengasah kreativitas. Kreativitas ini dibutuhkan di era saat ini, di mana kreativitas menjadi hal yang sangat menentukan apakah anak-anak nantinya bisa bersaing atau tidak di dunia profesional.

Selanjutnya, Pekan Cipta Seni disebutnya membangun referensi bagi kelompok seni daerah tertentu yang melihat penampilan kelompok dari daerah lain. Yang nantinya akan mendorong semangat mereka untuk bisa melakukan improvisasi.

Emil kemudian berterima kasih kepada Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang pada saat itu juga hadir. "Terima kasih sekali lagi kepada Bapak Wakil Wali Kota. Apresiasi yang sangat mendalam dari kami atas kerja samanya. Dan semoga Jawa Timur akan menjadi salah satu barometer," ungkapnya.

Menurut Emil, Jawa Timur mempunyai banyak sekali warisan sejarah. Ditegaskan olehnya, PR segenap masyarakat adalah bagaimana Jawa Timur menjadi lekat dengan budaya tersebut. "Menurut Mantan Wakil Menteri Kebudayaan justru warisan-warisan sejarah budaya paling banyak itu di Jawa Timur. Nah, bagaimana Jawa Timur lekat di masyarakat sebagai daerah yang penuh budaya itu yang sangat penting. Itu PR kita bersama," pungkasnya.

Wagub Jatim Emil Dardak saat baru datang dalan pembukaan Pekan Cipta Seni di Graha Cakrawala UM didampingi dengan Wawali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko. (Foto: Imarotul Izzah/MalangTIMES)

Sementara itu, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko menyatakan bahwa Pemerintah Kota Malang mendukung penuh kegiatan Pekan Cipta Seni tersebut. "Kiranya kegiatan yang terbangun pada hari ini akan menjadi penguat sekaligus memberikan satu kontribusi positif bagi kemajuan pembangunan di bidang seni dan budaya serta pariwisata. Pemerintah Kota mendukung penuh," tandasnya.

Baca Juga : Film Dokumenter The Beatles 'Get Back' Rilis September 2020

Dikatakan Bung Edi, kekayaan budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia sangat mahal. Seni budaya Indonesia pantas bersaing di kancah dunia. "Kita masih berpacu dalam bidang teknologi, ekonomi, dan lain sebagainya, tetapi seni budaya Indonesia bisa bersaing dan membanggakan kita semua," tegasnya.

Dalam Cipta Pekan Seni ini, berbagai jenis seni dilombakan. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Sinarto S.Kar, MM menyatakan bahwa seni yang dilombakan antara lain seni musik qosidah, seni patung, seni lukis, teater tradisi, seni tari, seni musik tradisi, seni paduan suara, seni cipta dan baca puisi, dan parade seni yang bentuknya seni pertunjukan.