Antisipasi Macet Sekitar Pintu Tol Malang, Bakal Dipasang Traffic Light Senilai Rp 3 Miliar

Apr 26, 2019 11:07
Ilustrasi pembangunan Tol Malang Pandaan. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Ilustrasi pembangunan Tol Malang Pandaan. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Menjelang rampungnya pembangunan jalan Tol Malang-Pandaan (Mapan), Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang membuat sejumlah skenario antisipasi kemacetan imbas tol. Terlebih, nantinya akan ada satu pintu keluar tol yang berada di Kota Pendidikan ini, yakni di wilayah Kecamatan Kedungkandang. 

Kepala Dishub Kota Malang Kusnadi menjelaskan, saat ini pihaknya telah melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) di sepanjang Jalan Ki Ageng Gribig yang bersentuhan langsung dengan akses keluar Tol Mapan. "Sudah ada rekayasa lalin, saat ini sedang kami kaji efektivitasnya," ujarnya. 

Meski demikian, menurutnya rekayasa tersebut masih harus didukung infrastruktur penunjang berupa traffic light atau lampu lalu lintas. Pasalnya, jalan tersebut merupakan salah satu jalan utama yang menghubungkan wilayah Kota Malang dengan Kabupaten Malang. 

"Butuh setidaknya dua buah traffic light. Sudah saya laporkan ke Pak Wali (Wali Kota Malang Sutiaji) dan kemungkinan akan dimasukkan PAK (perubahan anggaran keuangan) 2019 ini," tuturnya. Untuk pembangunan itu, dana yang dibutuhkan di kisaran Rp 3 miliar. Ditargetkan, akhir tahun pemasangan lampu lalu lintas itu bisa rampung. 

Seperti diberitakan sebelumnya, saat ini pembangunan Tol Mapan sudah mulai rampung. Total dari 38 kilometer jalan Tol Mapan, yang sudah selesai pembangunan fisiknya sepanjang 30 kilometer mulai dari Pandaan hingga Singosari, Kabupaten Malang. Hingga minggu kedua April 2019, Tol Mapan seksi I-III sepanjang 30 kilometer itu dinyatakan dapat dioperasikan. 

Sementara itu, penyelesaian untuk Seksi IV dan V sepanjang 8 kilometer masih tertunda. Yakni meliputi ruas dari Singosari ke Malang yang ditemukan situs purbakala, serta titik akhir di wilayah Kota Malang.

Topik
MalangBerita Malangpembangunan tol malang pandaanDinas Perhubungan Kota MalangWali Kota MalangSutiajiTraffic Light

Berita Lainnya

Berita

Terbaru