Seniman tradisi asal Malang, Sumanah saat menerima piagam penghargaan dari Sekda Pemprov Jatim Heru Tjahjono. (Foto: Dokumen MalangTIMES)
Seniman tradisi asal Malang, Sumanah saat menerima piagam penghargaan dari Sekda Pemprov Jatim Heru Tjahjono. (Foto: Dokumen MalangTIMES)

MALANGTIMES - Sebanyak sepuluh seniman asal Malang Raya mendapatkan Anugerah Seni Jawa Timur dari Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Piagam penghargaan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim Heru Tjahjono dalam gelar acara Jawa Timur Harmoni 2019 di Gedung Cak Durasim, Surabaya. 

Dalam penghargaan tersebut, terdapat enam kategori seni. Yakni seni musik, film, teater, sastra, tari, serta rupa. Seniman asal Malang yang mendapatkan anugerah bidang seni musik yakni Antok Yunus dan Sumanah. Untuk bidang teater yakni atas nama Setyo Pambudi.

Sedangkan di bidang sastra ada tiga nama, yaitu Deny Mizhar, Abdul Mukhid, dan Nanang Suryadi. Untuk kategori seni tari, dua penari topeng Suroso dan Handoyo yang masuk daftar. Serta di bidang seni rupa, diperoleh Lek Budi dan Ojite. 

Untuk masing-masing kategori, terdapat 20 seniman yang menerima piagam penghargaan. Artinya, pada 2019 ini ada 120 seniman yang mendapatkan apresiasi dari pemerintah provinsi. "Diharapkan penghargaan ini menjadi pelecut dan semangat bagi para seniman untuk berkarya, juga para generasi muda untuk turut serta melestarikan budaya daerah masing-masing," ujar Sekda Jatim Heru Tjahjono.