MALANGTIMES - Jalur alternatif akan dibuka Bina Marga DPUPR Kota Batu. Jalur alternatif tersebut nantinya akan menghubungkan Kelurahan Sisir dengan Kelurahan Temas.

Kepala Bidang Bina Marga DPUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat menjelaskan bahwa jalur tersebut akan nantiya akan menghububgkan Kelurahan Temas dengan Kelurahan Sisir melalui jalan Sultan Hasan Halim yang akan mulai digarap pada bulan Mei mendatang.

"Pada Mei 2019 akan mulai dikerjakan jalur alternatif Sisir-Temas. Kemudian akan ditindaklanjuti dengan membuka jalur alternatif lain, Temas-Pandanrejo," Ujar Alfi Kepada Malangtimes.com. 

Lanjutnya, pembukaan jalur alternatif tersebut, dilakukan dengan tujuan untuk mengurai kemacetan ketika di musim libur. Pembangunan jalur alternatif tersebut juga dilakukan sebagai sarana untuk pemerataan pembangunan dan membuka peluang usaha baru bagi masyarakat di sekitar jalur alternatif di wilayah tersebut.

Pengerjaan jalur tersebut, dijelaskannya akan berlangsung kurang lebih selama 3 bulan. Sedangkan jalur tersebut nantinya akan digarap dengan panjang sekitar 1 kilometer. "Perkiraan pengerjaan selama kurang lebih tiga bulan, panjang keseluruhan kurang lebih mencapai satu kilometer," ujar Alfi.

Kemudian, ia menjelaskan jalur tersebut nantinya akan dimulai dari jalan Sultan Hasan Halim sisir yang akan melewati Sendra Tari Sisir. Dengan demikian, masyarakat akan lebih cepat jika bepergian dari arah Sisir menuju Karangploso atau sebaliknya, dan bisa juga untuk menghindari kemacetan di jalanan Ir. Soekarno - Diponegoro yang kerap terjadi kemacetan saat liburan.

"Jalur ini nantinya juga akan memudahkan akses masyarakat menuju Sendra Tari Sisir, Kantor BNNK dan Museum Munir juga," tambahnya

Kemudian, ia menjelaskan bahwa pengerjaan jalur tersebut secara teknis akan dilakukan dengan 2 tahap. Tahap pertama akan dilakukan di bulan Mei dengan panjang 200 meter dan lebar 6 meter yang digarap mulai dari Sandera Tari sisir. Tahap pertama menggunakan anggaran sekitar Rp 200 juta.

Kemudian tahap kedua, akan dilanjutkan hingga pabrik Tahu Temas. Kemudian nantinya juga akan dilanjutkan pembukaan jalan Temas-Pandanrejo dan juga Jalan Brau-Pujon.