MALANGTIMES - Rekapitulasi suara terus bergulir di setiap PPK. Satu demi satu surat suara diselesaikan para petugas dalam merekap lima surat suara. Seperti yang terlihat di PPK Kromengan yang telah menyelesaikan rekapitulasi suara presiden dan DPR RI, Kamis (25/04/2019) sore.

Dari hasil rekapitulasi suara untuk presiden, Jokowi-Ma'ruf menang mutlak di wilayah Kromengan yang memiliki 7 desa. Yaitu mengumpulkan suara 79,43 persen. Sedangkan untuk Kabupaten Malang, dari rekapitulasi di 33 kecamatan, suara Jokowi-Ma'ruf mencapai 75,35 persen.

Sedangkan untuk perolehan suara DPR RI, Partai Demokrat di wilayah Kromengan dengan 164 TPS, telah meraup suara 239. Total suara partai Demokrat tersebut dibagi dengan 8 caleg DPR.
Ghufron Marzuqi, caleg Demokrat nomor urut 2, di wilayah Kromengan menjadi yang tertinggi suaranya. Dari total perolehan suara 710, ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang ini meraup suara 176. 

"Dari data saksi-saksi kami, memang perolehan untuk partai Demokrat cukup tinggi di Kabupaten Malang. Begitu pula di Kota Malang dan Kota Batu," kata Josua Sebayang, sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang, Kamis (25/04/2019).

Josua juga menyampaikan, Ghufron sebagai ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang dinilai berhasil mengantarkan partai berlogo Mercy ini. "Saya optimistid di wilayah lain perolehan suara beliau juga tinggi," ujarnya.

Di wilayah Kromengan, suara untuk Ghufron di atas caleg nomor urut 1 Demokrat, yaitu Nurhayati Ali Assegaf yang meraup 121. Sisanya diperebutkan oleh enam caleg lain dari Demokrat. 

Suara Ghufron tertinggi di wilayah Kecamatan Kromengan disumbang oleh Desa Slorok dengan angka 38. Sedangkan di Desa Jatikerto, Ghufron meraup angka 33 dan di Desa Ngadirejo 31. Empat desa lainnya, suara Ghufron antara 24 sampai 18 suara paling kecil.

Di wilayah yang sama, untuk  Partai Nasdem, suara terbanyak masih dipegang oleh Kresna Dewanata Phrosakh. Putra bupati Malang nonaktif ini meraup suara sebanyak 482 dari total pemilih sah 1.444.