MALANGTIMES - Jasad bayi berjenis kelamin laki-laki ditemukan tak bernyawa di sebuah kamar di Jalan Palem, Kelurahan Rembang, Kota Blitar, Rabu (24/4/2019) sore.

Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar mengatakan,  penemuan  bayi dalam kondisi tak bernyawa ini berawal dari laporan Niken, ibu yang melahirkan si jabang bayi.

"Jadi,  ada temuan bayi dalam kondisi sudah meninggal dunia Rabu (24/4/2019) kemarin sekitar pukul 17.00 WIB," jelas AKBP Adewira Negara Siregar, Kamis (25/4/2019). 

Penemuan jasad bayi ini berawal saat Niken yang sedang hamil 8 bulan mengeluh sakit perut. Karena air ketuban sudah terlihat pecah, Niken kemudian dibawa ke RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar. Aneh, saat diperiksa petugas medis, di dalam perut Niken sudah tidak ada bayinya. Kemudian petugas medis meminta keluarga mengecek kamar Niken.

"Ternyata di kamar yang bersangkutan ditemukan bayi laki-laki dalam kondisi sudah meninggal dunia," tambahnya. 

Atas kejadian ini, kemudian pihak keluarga menghubungi kepolisian. Polisi yang datang ke tempat kejadian perkara langsung mengevakuasi jasad bayi ke kamar mayat RSUD Mardi Waluyo. Dilanjutkan dengan olah TKP. Dalam olah TKP, ditemukan gunting serta kain dengan bercak darah.

Jasad bayi yang diduga jadi korban pembunuhan ini kemudian diotopsi. Satreskrim Polres Blitar Kota mendatangkan dokter forensik RS Bhayangkara untuk melakukan otopsi terhadap jasad bayi di RSUD Mardi Waluyo, Kota Blitar, Kamis (25/4/2019) pagi.

"Satreskrim Polres Blitar Kota sudah melakukan upaya penyelidikan, memintai keterangan sejumlah saksi dan melakukan otopsi terhadap jasad bayi. Diduga ada kekerasan terhadap jasad bayi sebelum meninggal," terang kapolres. 

Hingga saat ini saksi yang diperiksa merupakan orang-orang terdekat dan yang mengetahui kejadian tersebut. Sementara ibu bayi belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam kondisi lemah dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit.

"Ibunya belum bisa dimintai keterangan. Kondisinya masih lemah dan masih menjalani perawatan. Terkait penyebab pasti kematian korban, kita tunggu hasil otopsi," ujarnya.

Sementara dari keterangan keluarga, Niken tidak mengalami gangguan jiwa. Namun, Niken memang stres setelah menjanda karena ditinggal suaminya.