Tsamara jawab komentar Hanum terkait partainya (suara.com)
Tsamara jawab komentar Hanum terkait partainya (suara.com)

MALANGTIMES - Kembali Hanum Salsabiela Rais, putri Amien Rais membuat pernyataan yang mengundang reaksi keras warganet. Setelah dirinya melalui akun @hanumrais berkicau terkait kasus Erin Taulany, istri komedian Andre Taulany. 

Dimana Erin di insta story akun Instagramnya mengomentari  capres nomor urut 02, Prabowo Subianto. Kasus yang membuat Erin dilaporkan ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik.

"Kebohongan telah menjadi bagian penting dlm hidupnya. Padahal dengan kata maaf yg tulus, selesai sudah. Well, Mas @andretaulany74 dan mba @erintaulany semua orang memang bisa berbuat keliru, tapi tdk semua orang bisa berbuat jujur," kicau Hanum Rais.

Sontak saja, warganet pun bereaksi keras atas kicauannya. Komedian Ernest Prakarsa pun mengomentarinya seperti ini, "Apakah kita perlu bikin crowdfunding di @kitabisacom supaya bisa beli cermin yang agak gedean?" cuitnya menyindir Hanum.

Belum reda keriuhan itu, kembali Hanum mengeluarkan pernyataan yang membuat semakin 'gondok' warganet khususnya para pemilih Partai Solidaritas Sosial (PSI). Hanum berkicau di akunnya saat Grace Natalie Ketum PSI menyatakan akan golput seumur hidup kalau PSI mati.

"Partai NasaKom. Bukan Nasional Komunis lho. Tapi Partai Nasib Satu Koma," cuit Hanum mengomentari pernyataan Grace.
Sontak saja sindiran itu membuat Ketua DPP PSI Tsamara Amany Alatas, berkomentar. 

"Mbak boleh hina kami apa pun. Tapi satu hal penting: kami akan selalu jaga kepercayaan 3 juta rakyat Indonesia dengan terus memegang idealisme kami. Tidak akan pernah kami melakukan pembodohan publik dg kebohongan. Lebih baik kalah dengan integritas dibanding berbohong. Itu sikap," tegas @TsamaraDKI.

Jawaban tegas dengan menekankan frasa lebih baik kalah dengan integritas dibanding berbohong atas sindiran Hanum terhadap PSI, didasarkan pada beberapa pernyataan Hanum yang juga pernah melakukan 'kebohongan' kepada publik. Yakni dengan kasus pernyataannya terkait penganiayaan Ratna Sarumpaet yang kini kasusnya sedang di meja hijaukan.

Warganet pun bereaksi kembali dengan pernyataan Hanum itu. @Mpokwita menuliskan, "Mbak Hanum ini sepertinya bahagia sekali kalau di hujat netizen ya. Ckckck ndak habis pikir, ternyata pendidikan tinggi tak menjamin ya..." ujarnya pedas kepada @hanumrais.

@nbaguskresna3, "mbak @hanumrais lupa, kl kekalahan itu kemenangan yang tertunda," tulisnya yang dilanjut dengan @ikaningsiih,"Aku bangga bagian dari satu koma itu," tulisnya.

Banyak warganet yang menghujat pernyataan Hanum yang terlalu ikut campur mengomentari partai lainnya. Tercatat sebanyak 2,5 ribu warganet ikut berkomentar di akun Tsamara, 6 ribu meretuitnya dan disukai sebanyak 3 ribu.

Lepas dari cukup banyaknya hujatan ke Hanum Rais, warganet lain mengkritisi kekalahan PSI yang tidak bisa lolos batas ambang parlemen.
@AndiAsrul25s, "Mengaku kalah mmg itu satria, tapi lbih satria lagi jika @TsamaraDKI tapi mengevaluasi penyebab kalah dan meminta maaf atas kesalahan yg menyebabkan kekalahan itu yg lbih penting. belajar dari kesalahan, minta maaflah atas kesalahan itu," tulisnya.

Warganet satu ini malah menyampaikan komentar satir yang membuat kita tersenyum, "Dari twitnya mbak @hanumrais saya kok menduga dia putrinya pak Amin Rais ? Benarkah dugaan saya..?," tulis @mbahrie.