Malangtimes

Partai Lain Sibuk Klaim Perolehan Kursi, Demokrat: Kita Paling Siap Memenangkan Pemilu 2019

Apr 24, 2019 23:42
Kiri : Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ghufron Marzuki yang ikut berkompetisi di DPR dan Sekretaris Josua Sebayang (dok MalangTIMES)
Kiri : Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang Ghufron Marzuki yang ikut berkompetisi di DPR dan Sekretaris Josua Sebayang (dok MalangTIMES)

MALANGTIMES - Proses rekapitulasi suara pemilu 2019, khususnya pilihan legislatif baik DPR RI, DPRD Provinsi sampai DPRD Kabupaten/Kota masih panjang.

Di lapangan hal ini membuat berbagai pihak saling klaim raihan suara dan jumlah kursi legislatif.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Dengan mengandalkan data-data internal para pihak tersebut telah menyampaikan kemenangannya. 

Padahal, real count KPU untuk suara Jatim V (Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang) masih terbilang minim.

Tercatat, data real count KPU sampai pukul 21.00 WIB tertanggal 24 April 2019. 

Kota Batu yang telah cukup banyak mengirim rekap suara DPR RI, yaitu 78,59 persen. Atau sudah 595 dari 757 TPS yang ada. 

Sedang Kota Malang masih 2,45 persen (58 dari 2.365 TPS) dan Kabupaten Malang baru 0,01 persen.

Data itu menunjukkan grafik perolehan suara sementara masih bisa fluktuatif. 

Hingga dalam klaim suara dan kursi, saat ini di tentukan dari suplai data-data saksi di TPS maupun PPK.

"Dan kami yang paling siap dan baik untuk saksi-saksi itu. Sehingga data kami lebih komprehensif untuk melihat suara dan kursi legislatif bagi Partai Demokrat," kata Sekretaris DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang, Josua Sebayang, kepada MalangTIMES, Rabu (24/04/2019) malam.

Dari suplai data di tingkat TPS yang sampai saat ini masih terus berproses dalam rekapitulasi suara Partai Demokrat Kabupaten Malang mengerahkan 12 ribu saksi di 7.800 TPS.

Sedangkan total TPS di Kabupaten Malang sebanyak 8.409 unit. 

Sehingga, ucap Josua, Partai Demokrat optimis bisa meraih kursi legislatif baik di tingkat pusat, provinsi dan Kabupaten/Kota. 

"Tabulasi data dari ribuan saksi yang ada, memperlihatkan suara Demokrat masih tinggi dan optimis bisa meraih kursi," ujarnya yang menegaskan untuk DPR RI, Partai Demokrat optimis bisa meraih satu kursi yang sementara ini suara teratas ditempati caleg nomor urut 2 yakni Ir Ghufron Marzuqi. 

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Optimisme itu selain didasarkan pada data-data ribuan saksi di hampir 92,7 persen TPS hasil real count KPU juga menunjukkan raihan suara Partai Demokrat di Kota Batu mencapai 5,03 persen.

Walau di Kota Apel ini masih di bawah PKS dengan angka 6,6 persen, tapi di dua wilayah Batu dan Bumiaji, Partai Demokrat mengalahkan suara PKS.

Kota Malang Raihan Demokrat mencapai 7,65 persen di atas Partai Golkar yang mengumpulkan 5,39 persen. 

Sedangkan kekuatan besar suara yaitu di Kabupaten Malang, yang masih terbilang sangat kecil adalah 1,46 persen.
"Di Kabupaten Malang, malah kita optimis suara Partai Demokrat akan terus meningkat tinggi," ujar Josua.

Keyakinan perolehan suara di Kabupaten Malang bisa melebihi di dua kota, selain data dari 12 ribu saksi Demokrat juga dikawal oleh 4  orang saksi di tingkat PPK. 

"Jadi di tingkat kecamatan pun kita memiliki saksi sejumlah 4 orang setiap PPK. Ini yang terus menyuplai raihan suara kita secara valid," imbuhnya.

Maka Josua pun optimis, untuk kursi DPRD Kabupaten Malang, paling jelek bisa meraih 4 kursi.

"Ini paling jelek 4 kursi bisa kita raih untuk DPRD Kabupaten Malang. Sedang tingkat provinsi satu kursi masih bisa kita amankan,," ujarnya.

Disinggung terkait peluang Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Malang yang maju di DPR RI, yaitu Ghufron Marzuki Josua juga optimis bisa terus melenggang ke kursi parlemen pusat.

"Tabulasi suara kita cukup meyakinkan. Dimana perolehan suara beliau cukup jauh selisihnya, sampai ribuan, dengan kompetitor dari partai lain," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru