Tak Ingin Jadi Korban Curanmor, 12 Hal Ini Harus Kamu Coba

MALANGTIMES - Kejadian pencurian kendaraan bermotor (curanmor), khusunya di Kota Malang, sudah seringkali terjadi. Para pelaku curanmorpun nampaknya juga semakin hafal dengan kebiasaan warga yang memiliki kendaraan bermotor.

Mereka terkadang teledor, seperti misalnya memarkir kendaraan sembarangan ataupun meninggalkan kunci tergantung pada sepeda motor serta tidak mengunci garasi ataupun pagar rumah.

Dari kebiasaan-kebiasaan tersebut, banyak sekali yang dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya. Seperti kejadian pencurian di Jalan bunga Kumis Kucing, Keluarahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang (22/4/2019).

Rumah milik salah seorang warga, bernama Dja'i (55), menjadi sasaran pelaku pencurian karena gerbang garasi rumahnya sengaja tidak dikunci. Sampai akhirnya, kemudian hal tersebut mengundang pelaku curanmor untuk menjadikannya sasaran.

Melihat kebiasaan masyarakat itu, Kasubag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni memberikan imbauan maupun tips agar terhindar dan tidak menjadi korban dari para pelaku kejahatan, khususunya curanmor.

"Masyarakat saat ini harus semakin  waspada dan teliti dengan segala hal kecil yang bisa saja dimanfaatkan para pelaku kejahatan, khususnya mereka pemilik kendaraan bermotor," ungkap Heny sapaan akrab Kasubag Humas Polres Malang Kota tersebut.

Selain tingkat kewaspadaan yang harus ditingkatkan, masyarakat juga harus memperhatikan beberapa hal yang tentunya membantu dalam mengamankan kendaraan miliknya.  Dan berikut ini beberapa imbauan dari Polisi agar kendaraannya terhindar dari pelaku kejahatan curanmor.

1. Kunci stang ke arah kanan
2. Pasang alarm 
3. Pasang kunci ganda tambahan (pada cakram) 
4. Pasang kamera CCTV di kediaman rumah
5. Pasang kunci rahasia.
6. Manfaatkan Teknologi Side Stand Switchg (standar motor matic)
7. Cabut tutup busi
8. Tempel Stiker atau Tanda Pengenal pada tempat tertentu di motor.
9. Selalu kunci garasi atau pagar rumah.
10. Parkir di tempat yang terjangkau dari pandangan. 
11. Selalu teliti, jangan meninggalkan kunci kontak pada sepeda motor
12. Jika berpergian dalam waktu lama, sebisa mungkin menitipkan rumah kepada tetangga ataupun security sekitar.

"Dengan menerapkan beberapa hal tadi,  tentunya akan meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak didinginkan, khususnya terhindar dari pelaku curanmor.  Seperti mengunci stang motor ke kanan, hal itu akan sedikit menghambat pelaku dalam aksinya. Selain itu masyarakat juga bisa memasang kunci tambahan ataupun alat yang membantu menjaga keamanan kendaraan, itu lebih bagus," pungkasnya.

Top