MALANGTIMES - Program gambar gratis dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Malang (dulu Dinas Perizinan) sampai sekarang masih terus dijalankan. 

Meski untuk sementara tidak dilakukan dalam mobil keliling, layanan yang sudah lama jadi primadona ini terus dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Terutama mereka yang hendak membangun sebuah rumah atau bangunan baru. 

Seperti yang dirasakan warga Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Atik Windarti misalnya. 

Perempuan berhijab itu sengaja datang ke layanan Gambar IMB Gratis pada Senin (22/4/2019) untuk mengambil hasil desain rumah yang ia ajukan beberapa hari lalu.

"Gampang, masukin formulir dan beberapa persyaratan. Kemudian saya ditelepon dikabari gambarnya sudah selesai, dan saya ke sini (kantor DPM PTSP Kota Malang; red) lagi," katanya pada MalangTIMES.

Hasil gambar yang dibuat itu pun menurutnya sangat sesuai dengan yang ia dan suami inginkan. 

Karena dalam proses pengajuan sebelumnya, ia juga mengajukan beberapa permintaan untuk bisa disesuaikan dengan desain rumah yang akan ia bangun.

"Puas, gambarnya sesuai dengan yang saya dan suami inginkan," terangnya.

Perempuan ramah itu menilai, layanan gambar gratis itu sangat banyak membantu. 

Karena selain hemat biaya, juga semakin menghemat tenaga dan waktunya. 

Melalui program gambar gratis itu, ia hanya perlu melakukan pengajuan serta berkonsultasi, dan mengambil gambar begitu sudah selesai digambar.

"Dan saya juga nggak perlu-perlu print lagi, karena saat sudah jadi gambar langsung diberikan dalam bentuk print," imbuhnya.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat gambar rumah atau bangunan mencapai Rp 500 ribu hingga Rp 700 ribu untuk tipe rumah di bawah 60.

Biaya akan semakin membengkak saat tipe rumah melebihi tipe 60.

"Ini pengalaman pertama saya manfaatkan program gambar gratis. Karena ini gratis, kita harus bersabar menunggu. Tapi hasilnya bagus, dan sesuai keinginan. Saya tahu ada gambar gratis ini saat ngurus AP, dan diberitahu oleh petugas," pungkasnya.