Rapat koordinasi KPU Kota Malang terkait PSU di dua TPS. (Luqmanul Hakim/Malang Times)
Rapat koordinasi KPU Kota Malang terkait PSU di dua TPS. (Luqmanul Hakim/Malang Times)

MALANGTIMES - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang sudah mengajukan 2 TPS (tempat pemungutan suara) untuk melakukan pemungutan suara ulang (PSU) pada Kamis 25 April 2019. PSU dilakukan KPU Kota Malang setelah menerima rekomendasi dari Bawaslu Kota Malang karena adanya pelanggaran pada Pemilu 17 April lalu.

Ketua KPU Kota Malang Zaenudin menyebutkan bahwa dua TPS yang akan melakukan PSU adalah TPS 09 Kelurahan Bunulrejo, Kecamatan Blimbing, dan TPS 14 Kelurahan Penanggungan, Kecamatan  Klojen.  "Kami menyiapkan personel KPPS, PPS, maupun PPK. Termasuk kami juga merancang untuk pengajuan kebutuhan logistik ke KPU RI," ujar Zaenudin kepada MalangTIMES, Minggu (21/4/2019). Pengajuan kepada KPU pusat tersebut dilakukannya hari ini. 

Zaenudin juga menjelaskan bahwa rekomendasi  Bawaslu Kota Malang untuk PSU hanya dilakukan pada tiga jenis pemilihan untuk TPS di Bunulrejo. Sedangkan TPS di Penanggungan hanya satu pemilihan, yakni pemilihan presiden saja.

"Rekomendasi dari Bawaslu, untuk di Bunulrejo itu ada tiga pemilihan. Yaitu DPR RI, DPR Provinsi Jatim, dan DPRD Kota Malang. Di Penanggungan hanya untuk pemilihan presiden," jelasnya.

Namun, untuk jenis pemilihan yang di-PSU-kan di TPS 14 Penanggungan  dikatakannya masih ada kemungkinan berubah.  Zaenudin mengaku mendapatkan informasi akan adanya revisi untuk PSU di TPS 14 tersebut.

"Kami tunggu. Sementara kami baru dapat rekomendasi pemilihan presiden saja. Informasinya nanti juga akan sama dengan yang di wilayah Blimbing," ucapnya. 

Sebelumnya, PSU TPS 09 Bunulrejo dilakukan karena ada empat pemilih yang menggunakan formulir A5 atau pindah pilih tapi diberikan lima surat suara. yakni pilpres, DPD, DPRD Kota Malang, DPRD  Jatim, dan DPR pusat. Mestinya hanya diberi dua surat suara, yaitu DPD dan pilpres.

Sedangkan di TPS 09 Penanggungan, ada 8 orang yang semuanya mahasiswa mencoblos dengan menggunakan KTP. Seharusnya tidak boleh karena tidak memiliki formulir A5 (pindah pilih).