MALANGTIMES - Rekapitulasi suara di Kabupaten Malang mulai berjalan di tingkat PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) hari ini (Sabtu, 20/04/2019) sampai Senin (22/04/2019) mendatang. Tahapan penghitungan suara tersebut mulai terlihat di berbagai kecamatan, khususnya yang masuk di gelombang I, yaitu sebanyak 14 PPK yang ada di Kabupaten Malang.

Pembagian gelombang sampai tahap ketiga di berbagai PPK, menurut Ketua KPU Kabupaten Malang Santoko, dalam upaya mempermudah proses rekapitulasi sekaligus mempermudah pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan.
"Rekapitulasi suara dibagi tiga gelombang untuk mempermudah proses sekaligus pengamanannya. Untuk hari ini, ada 14 PPK yang melakukan rekap lima suara dalam Pemilu 2019," kata Santoko, Sabtu (20/04/2019).

Proses rekapitulasi suara difokuskan untuk penyelesaian suara pilpres terlebih dahulu. Setelah selesai, dilanjutkan rekapitulasi caleg DPR RI, DPRD provinsi, DPRD kabupaten dan DPD. Sehingga saat media menanyakan terkait hasil suara pileg, KPU belum bisa memberikan jawabannya. 

"Belum, ini baru tahapan rekap di kecamatan. Itu pun sekali lagi kami prioritaskan dulu suara pilpres. Tahapan ini juga sesuai tahapan rekapitulasi suara tingkat kecamatan. Yaitu dari tanggal 18 April sampai 4 Mei mendatang," ujar Santoko yang menegaskan mayoritas rekapitulasi suara dilakukan hari ini dan besok hari.
"Untuk gelombang ketiga yang melakukan rekap hanya di PPK Karangploso. PPK lainnya mayoritas hari ini dan besok," imbuhnya.

Ke-14 PPK yang saat ini melakukan rekapitulasi dan bisa sampai malam hari nanti adalah di wilayah Kepanjen, Bululawang, Dampit, Turen, Ampelgading, Pagak, Gedangan, Pakisaji, Wonosari, Kalipare, Ngantang. Dilanjut wilayah Wajak, Jabung dan Poncokusumo. 

Sedangkan besok hari (21/04/2019) direncanakan rekapitulasi di 18 wilayah kecamatan. Serta terakhir untuk gelombang III hanya di wilayah Karangploso. 

Menurut Santoko, sampai saat ini rekapitulasi suara dengan prioritas suara pilpres berjalan dengan lancar dan aman. "Dari pantauan dan laporan dari PPK di berbagai wilayah, sampai saat ini lancar. Petugas pun bersiaga untuk menjaga jalannya rekapitulasi suara di PPK," ujarnya.

Dari penelusuran MalangTIMES, di website KPU, hitung suara pilpres di Kabupaten Malang memang belum tersedia. Sedangkan untuk Kota Malang baru tersedia data sebanyak 65 dari 2.365 TPS. Dengan hasil sementara suara dimenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf, yaitu 9.794 suara atau 63,75 persen dari suara masuk sampai pukul 13.15 WIB.
Untuk Kota Batu, suara yang sudah tersedia di KPU sebanyak 44 dari 757 TPS. Pasangan Jokowi-Ma'ruf juga sementara mengungguli Prabowo-Sandiaga dengan suara 77,06 persen.