Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Catatan KPU Kota Malang Terkait Pendistribusian DPTb

Penulis : Luqmanul Hakim - Editor : A Yahya

19 - Apr - 2019, 20:07

Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, KPU Kota Malang, Deny Rachmat Bachtiar saat mediasi kepada masa yang yang protes (foto dok. Malang Times)
Komisioner Divisi Perencanaan dan Data, KPU Kota Malang, Deny Rachmat Bachtiar saat mediasi kepada masa yang yang protes (foto dok. Malang Times)

MALANGTIMES - KPU Kota Malang berikan evaluasi terkait Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) yang terjadi di beberapa TPS di Kota Malang. Evaluasi tersebut dijelaskan oleh Komisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Malang Deny Rachmat Bachtiar kepada Malangtimes.com, Jumat (19/4/2019).

Evaluasi tersebut disebutkannya bahwa untuk ke depannya akan menambah jumlah surat suaran untuk DPTb atau pemilih A5 terhadap TPS yang ada di Kota Malang. Sehingga semua DPTb dapat menyalurkan hal pilihnya. "Meskipun nanti keluar dari kelurahan tidak masalah, yang penting ada ketersediaan surat suara di TPS itu," ujarnya.

Lanjutnya, ia menginginkan di pemilu selanjutnya, para pemilih DPTb tersebut wajib lapor. Sehingga pihak KPU akan mengetahui jumlah pemilih yang mengurus A5 atau pindah pilih tersebut. "Kalau sekarang kan tidak wajib, kita tidak tahu pasti jumlah pemilih A5 yang mengurus pindah pilih di tempat asal," jelasnya.

Ia berharap nantinya ada regulasi yang mengatur secara ketat terkait A5 atau pindah pilih tersebut. Sehingga nantinya pihak KPU bisa melakukan skema untuk pendistribusian pemilih agar surat suara yang ada di setiap TPS mencukupi. "Nantinya kami berharap ada regulasi yang mengatur bahwa pemilih harus wajib lapor ke KPU, sehingga kita bisa lakukan skema pendistribusian A5 itu merata dan bisa menyalurkan hak pilihnya," pungkasnya. 


Topik

Politik KPU-Kota-Malang evaluasi-Pendistribusian-DPTb Daftar-Pemilih-Tambahan Deny-Rachmat-Bachtiar pemilu-2019


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Luqmanul Hakim

Editor

A Yahya