Meresapi Jalan Salib, Pengorbanan Diri untuk Cinta Kasih Tertinggi

Apr 19, 2019 12:50
Visualisasi kisah Jalan Salib yang dibawakan OMK Paroki Ratu Rosario dari Fatima di Kesatrian, Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Visualisasi kisah Jalan Salib yang dibawakan OMK Paroki Ratu Rosario dari Fatima di Kesatrian, Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Ribuan umat Kristen dan Katolik di Malang tengah khusyuk mengikuti rangkaian peribadahan Jumat Agung, hari ini (19/4/2019). Sejumlah gereja juga menampilkan dramatisasi Jalan Salib yang menunjukkan penderitaan atau masa-masa terakhir Yesus di dunia. 

Seperti yang ditampilkan Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Ratu Rosari dari Fatima di Kesatrian, Kota Malang. Mereka menampilkan visualisasi kisah sengsara Yesus Kristus dengan judul Crucifixus Etiam Pro Nobis. Seorang pemuda berlakon memanggul salib dengan mengenakan kain putih bersimbah darah.

Baca Juga : Menag Minta Tarawih Dilakukan di Rumah, Salat Id Ditiadakan, dan Halal Bihalal Online

Crucifixus Etiam Pro Nobis sendiri syairnya diambil dari Syahadat Panjang (Credo Nicea-Constantinopel). "Ia pun disalibkan untuk kita. Ia menderita sampai wafat lalu dimakamkan," demikian kutipannya. Visualisasi tersebut diadakan untuk menambah keimanan umat yang mengikuti ibadah Jumat Agung dalam rangkaian peringatan Paskah. 

Terpisah, Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCharm mengungkapkan bahwa  pelaksanaan Paskah 2019 membawa amanat tentang semangat rela berkorban. "Paskah bisa dimaknai sebagai pesta kemenangan atas dosa dan maut. Umat Kristiani diundang untuk bangkit dari dosa, lalu melanjutkan hidup kembali dalam kekudusan," tuturnya. 

Menurut dia, meresapi penderitaan yang telah ditanggung oleh Yesus Kristus diharapkan bisa meningkatkan keimanan dan semangat diri sendiri untuk berkorban. Pengorbanan tersebut dilandasi dengan cinta kasih untuk mendapatkan cinta kasih tertinggi. "Rela berkorban bagi sesama ini adalah arti wafat Yesus. Ini menjadi amanat perayaan Jumat Agung tahun ini," pungkasnya. 

 

Topik
MalangBerita MalangJalan SalibOMK Paroki Ratu RosarioJumat Agung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru