MALANGTIMES - Perhitungan surat suara di Kota Batu bisa dibilang cepat dan tidak ada hambatan. Pasalnya, jumlahdaftar pemilih tambahan (DPTb) di Kota Batu tidak banyak. Hal tersebut dikatakan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso kepada MalangTimes.com 

Pasangan Capres dan Cawapres nomor 01 mendapat dukungan yang cukup bagus dari warga masyarakat Kota Batu. Dukungan tersebut lihat dari unggulnya jumlah suara pasangan Capres dan Cawapres 01 daripada pasangan Capres dan Cawapres 02.

Jumlah tersebut dengan rincian, di Kecamatan Bumiaji pasangan nomor urut 01 mendapatkan 32.302 suara dan nomor urut 02 mendapatkan 8.372 suara. Di Kecamatan Batu paslon nomor urut 01 mendapatkan 44.535 suara dan paslon nomor urut 02 mendapatkan 17.210 suara.

Kemudian, di Kecamatan Junrejo paslon nomor urut 01 mendapatkan 25.058 suara dan paslon nomor urut 02 mendapatkan 9.990 suara. Rincian tersebut seperti yang sudah diberitakan sebelumnya di MalangTimes.com. "Perhitungan surat suara ini termasuk cepat, karena DPTb di Batu tidak banyak" ujar Punjul.

Ketua KPU Kota Batu Saifudin Zuhri menjelaskan bahwa pihak KPU Kota Batu tidak melakukan perhitungan Quick Count di tingkat Kecamatan. Sebab, rekapitulasi perhitungan tersebut baru bisa dilaksanaknnya pada tanggal 19 April 2019 nanti. "Quick Count rekapitulasi perhitungan suara baru kita laksanakan 19 April nanti," jelas Saifudin.