Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Situs KPU Sempat Sulit Diakses, Ini Hasil Real Count Sementara Pilpres 2019

Penulis : Dede Nana - Editor : Lazuardi Firdaus

18 - Apr - 2019, 10:48

Hitung suara KPU untuk pilpres 2019 dengan suara masuk sekitar 0,16 persen (KPU)
Hitung suara KPU untuk pilpres 2019 dengan suara masuk sekitar 0,16 persen (KPU)

MALANGTIMES - Website resmi milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan alamat www.kpu.go.id sempat membuat masyarakat yang haus atas informasi hasil pungut suara Pilpres 2019, kecewa. Pasalnya, sejak 17 April 2019 dari pukul 18.00 - 20.25 WIB, situs KPU tidak atau belum bisa diakses.

Berdasarkan penelusuran MalangTIMES, Kamis (18/04/2019) pagi, website KPU walau sudah bisa diakses, tapi terasa begitu lambat. Bahkan, beberapa kali MalangTIMES mencoba masuk ke hasil hitung suara Pilpres, tidak bisa membuka hasil sementara suara yang telah masuk ke KPU.

Menurut pengamat siber dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Al Muhdil Karim seperti dilansir kabar24.com, kondisi tersebut dimungkinkan dipicu oleh dua faktor.

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Pertama, disebabkan banyak masyarakat yang mengakses situs tersebut hingga berakibat website down. Kedua, dikarenakan serangan hacker dengan cara mengirimkan jumlah data yang besar sehingga website menjadi tumbang atau dikenal dengan sebutan serangan Denial of Sevices (Ddos).


Sampai pukul 09.30 WIB, situs tersebut bisa diakses. Dimana, dari hasil hitung suara pilpres telah masuk 1.188 dari 813.350 TPS. Atau sekitar 0,14604 persen sampai pukul 09:30:03 WIB.

Dari hasil real count KPU atas suara yang telah masuk, Jokowi-Ma'aruf mendulang 58,43 persen atau 130.952 suara. Sedangkan Prabowo-Sandiaga mendapatkan 41,57 persen (93.168 suara).

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19


Data yang masuk ke KPU masih sangat kecil, tapi di lapangan Prabowo telah memaklumatkan hasil kemenangan kepada pendukungnya. Dimana, dirinya menyampaikan pasangannya telah mengantongi 62 persen suara dari hasil real count. 

"Kalaupun ada naik turunnya hanya di angka 1 persen," ujar Prabowo. 
Hasil real count KPU tersebut juga mencantumkan suara dari berbagai TPS dari provinsi se-Indonesia. Dimana, terdapat 11 provinsi yang belum masuk data suaranya. Serta prosentasenya masih sangat kecil. 

Dari berbagai provinsi tersebut, Aceh, Sumatera Barat, Selatan, Bengkulu dan Lampung serta beberapa provinsi lain dimenangkan oleh Prabowo-Sandiaga untuk sementara. Sedangkan suara Jokowi-Ma'ruf berada di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan beberapa wilayah lain.
Untuk hasil suara luar negeri, Jokowi- Ma'ruf memenangkan sementara raihan suaranya. Dimana, data KPU mencatat pasangan 01 mendulang 7.656 suara dan paslon 02 sebanyak 4.020.

Dari data KPU seluruh tahapan penghitungan suara dari berbagai daerah akan selesai pada 22 Mei 2019. Sehingga masih cukup lama bagi kedua pasangan capres dan seluruh pendukungnya untuk merayakan kemenangan tersebut.


Topik

Politik malang berita-malang pilpres-2019 Komisi-Pemilihan-Umum Universitas-Islam-Negeri UIN-Syarif-Hidayatullah Denial-of-Sevices Jokowi-Ma'aruf Prabowo-Sandiaga


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

Lazuardi Firdaus