Ada yang Seharga Ratusan Juta, Benda-Benda dari Hewan Ini Bernilai Ekonomis Tinggi

MALANGTIMES - Bicara masalah hewan, hewan merupakan salah satu mahluk hidup ciptaan Tuhan yang ada di bumi. Keberadaannya tak bisa jauh dari peradaban manusia, termasuk manusia sendiri yang juga membutuhkan keberadaan hewan.

Dengan adanya hewan, manusia bisa terbantu baik itu dalam aktivitas pekerjaan sehari-hari maupun dalam aktivitas memenuhi kebutuhan pangan. Selain itu, keberadaan hewan juga memberikan dampak ekonomis bagi manusia.

Bahkan dampak ekonomis yang diberikan hingga mencapai ratusan juta nilainya. Lalu apa saja benda-benda mahal yang dihasilkan hewan tersebut, penasaran bukan, mari kita simak informasinya.


1. Sarang Burung Walet

Peluang usaha sarang burung walet ini, memang memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan. Sebab, pasti adanya pembeli sarang burung walet, masyarakat yang berbisnis tak perlu khawatir dan kebingungan mencari pasar.

Sarang walet yang terbuat dari liur burung walet yang mengeras, bisa digunakan untuk konsumsi, obat-obatan ataupun untuk bahan kosmetik kecantikan.

Dan harga dari sarang burung walet ini nggak main-main, yakni seharga Rp 20 ribu per 1 gram. Sehingga harga perkilonyapun mencapai Rp 20 juta.

2. Caviar

Jangan kaget dengan bentuknya, caviar ini adalah merupakan sebuah telur ikan Sturgeon. Telur ikan ini menjadi makanan yang termahal di dunia. Mahalnya makanan tersebut karena, ikan Sturgeon sendiri saat ini merupakan ikan yang langka.

Sehingga sulitnya bahan baku caviar tersebut, membaut harganya juga melambung tinggi. Seperti caviar dengan jenis Beluga. Harga untuk jenis ini bisa mencapai 10 ribu dollar perkilogramnya atau setara Rp 141 juta perkilogramnya.

3. Muntahan Paus atau Ambergris


Seorang nelayan asal Oman, bernama Khalid Al Sinani, tak sengaja menemukan muntahan paus seberat 60 kilogram. Ia menemukan muntahan tersebut setelah melihatnya terapung di atas laut dengan bau yang begitu menyengat. Ia pun kemudian sengaja mengangkat dan mengumpulkan muntahan paus tersebut.

Seperti kita tau, jika muntahan paus tersebut merupakan bahan baku membuat minyak parfum yang jadi koleksi selebritis dunia. Sehingga dari situ, tentu harganya hanya bisa dijangkau mereka yang berkantong tebal.

Dan diperkirakan jika Khalid menjual muntahan paus tersebut, bisa laku seharga Rp 33,7 milyar. Lalu ada perusahan setempat yang menawarkan kepada Khalid untuk membeli muntahan paus tersebut perkilonya Rp 187 juta perkilonya, namun Khalid menolaknya.

4. Kopi gajah


Jika bicara masalah kopi yang mahal, kalian tentu akan berfikir jika kopi itu adalah kopi luwak bukan, namun hal itu salah. Kopi yang termahal tersebut salah kopi gajah. Jenis kopi yang dikembangkan di Thailand ini, harganya berkali-kali mengalahkan kopi luwak, yakni seharga Rp 14 juta perkilonya.

Meski kopi ini dikembangkan di Thailand, namun penumunya justru bukanlah orang Thailand. Penemunya adlah ornag asal Kanada bernama Blake Dinkin.

Car aeombuatanbya hampir sama Dnegan kopi luwak, yakni makanan gajah juga dicampur dengan biji kopi lalu kemudian diberikan kepada gajah. Setelah kurang lebih 30 jam mencerna, gajah kemudian mengeluarkan biji kopi bersama kotorannya.

Dan dari 33 kilo gram kopi yang dicerna gajah, hanya sekitar satu kilogram yang bisa dijadikan kopi. Dan itulah yang menjadi alasan mengapa kopi gajah begitu mahal.

5. Ulat Sutera

Sutra merupakan serat alami yang dapat ditenun menjadi tekstil. Sutra memiliki tekstur yang lembut, mulus namun tidak licin. Sutra yang paling umum adalah sutera yang dihasilkan dari kepompong oleh ulat sutra murni.

Sutra sendiri memiki daya tarik tersendiri, terlebihblagi jika melihat kualitasnya. Dengan rupa berkilauan dari sutra, semakin membuat harganya mahal. Mahalnya sutra sendiri juga tergantung dari proses rumitnya pengerjaan.

Saat ini, sutra asal China dihargainya Rp 870 ribu perkilonya. Sedangkan untuk sutra lokal, dijual Rp 659 ribu perkilonya.


6. Mutiara

Mutiara adalah salah satu benda keras yang diproduksi di jaringan lunak, khususnya mantel dari moluska hidup. Nah, semua moluska bercangkang bisa  menghasilkan beberapa jenis mutiara melalui proses alami.

Sebuah mutiara terbentuk tanpa intervensi manusia sama sekali di alam liar. Kerang penghasil mutiara umumnya dari famili Oridie. Namun yang dikenal biasanya dari jenis tertentu seperti Gold atau Silver Lipper Oisterd.

Setiap kerang memiliki spesifikasi berbeda. Jadi, jangan heran jika menemukan beberapa kerang dengan hasil mutiara yang berbeda juga. Harga mutiara sendiri bisa mencapai sampai Rp 3 juta pergramnya, tergantung dari jenis warna, ukuran maupun kualitas mutiaranya.

Nah itulah tadi, benda-benda mahal yang dihasilkan oleh hewan yang harganya mencapai ratusan juta. Lalu tertarik untuk memelihara hewannya?

Top