Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Pertahankan Kebudayaan, Petugas KPPS di Malang Kenakan Kostum Wayangan

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Heryanto

17 - Apr - 2019, 16:03

Petugas KPPS di TPS 04 yang mengenakan kostum wayangan guna menarik pemilih datang ke TPS, Kecamatan Pakisaji (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Petugas KPPS di TPS 04 yang mengenakan kostum wayangan guna menarik pemilih datang ke TPS, Kecamatan Pakisaji (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berlomba-lomba menarik “mangsa” agar lebih tertarik untuk menyalurkan hak suaranya. 

Baca Juga : Ini Jawaban Ustaz Yusuf Mansur saat Ditanya Apakah Dukung Anies Baswedan Maju Pilpres 2024

Berbagai inovasi guna merias TPS (Tempat Pemungutan Suara) juga terpantau terjadi di Kabupaten Malang.

 Seperti gagasan yang dilakukan petugas KPPS di TPS 04, yang berlokasi di Jalan Raya Karangduren Gang 3, Kecamatan Pakisaji.

Dari pantauan MalangTIMES, seluruh petugas KPPS terlihat mengenakan kostum wayangan. 

Rangga Romadhan selaku Ketua KPPS TPS 04 menuturkan, jika penampilan unik dengan mengenakan kostum wayangan ini, merupakan tradisi yang sudah turun temurun. 

Bahkan setiap kali ada agenda Pemilu, selama ini di wilayah TPS 04 memang selalu menampilkan kostum unik Wayangan. 

"Selain bertujuan untuk melestarikan kebudayaan, hal ini juga ditujukan supaya menarik minat masyarakat agar bersedia datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya," kata Rangga, Rabu (17/4/2019).

Pihaknya berpendapat, tidak bisa dipungkiri jika saat ini, budaya daerah sudah mulai luntur di kalangan generasi millenial terutama anak muda. 

Padahal wayang merupakan warisan dan budaya tradisional asli dari leluhur, yang tentunya harus terus terjaga kelestariannya. 

Baca Juga : Dewan Dorong Pemkot Malang Salurkan Bantuan Sembako bagi Warga Terdampak Covid-19

Dengan cara mengenakan kostum wayangan, diharapkan bisa mengenalkan kembali kebudayaan tradisional tersebut.

"Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi terutama gadget membuat anak muda sekarang lebih mudah terpengaruh dengan dunia modern. Oleh karena itu, dengan memakai kostum wayangan ini, kami berharap anak muda bisa berpartisipasi dalam melestarikan kebudayaan mereka sendiri,” imbuhnya.

Hasilnya tidak mengecewakan. Terpantau, mulai pagi hingga menjelang siang hari ini, jumlah pemilih yang datang ke TPS 04 sangat banyak. Bahkan masyarakat rela antre untuk menunggu giliran mencoblos. 

“Petugasnya saja semangat dengan cara mengenakan kostum wayangan, tentunya masyarakat yang akan memilih juga semakin antusias datang ke TPS untuk menentukan nasib Indonesia 5 tahun ke depan," ucap Purwanto, salah satu pemilih TPS 04.

Sebagai informasi, di TPS 04 tercatat jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 255 orang. 

Jumlah tersebut terdiri dari 126 pemilih perempuan, dan 129 pemilih laki-laki. 

Hingga pukul 10.30, jumlah pemilih yang datang ke TPS terpantau sudah lebih dari 60 persen.


Topik

Politik Petugas-KPPS-di-Malang inovasi-merias-TPS tps-pakisaji kostum-wayangan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Heryanto