Tol Mapan Selesai, Kunjungan Wisatawan Lokal dan Mancanegara ke Kota Malang Diproyeksi Naik hingga 15 Persen

MALANGTIMES - Peresmian Tol Malang-Pandaan (Mapan) tertunda dari jadwal sebelumnya pada 12 April 2019. Namun, ruas tol tersebut dibangun akan memudahkan mobilitas masyarakat yang hendak berkunjung ke Kota Malang. Sehingga adanya tol teraebut akan lebih memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Kota Malang.

Kasi Promosi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Malang Agung H Buana mengatakan bahwa beberapa tahun terakhir jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang terus meningkat. Namun, adanya peningkatan tersebut masih belum didukung infrastruktur yang memadahi.

"Malang sebagai kota yang didesign kurang lebih 100 tahun lalu, kota ini nyamannya hanya untuk 300 ribu orang. Ketika sudah mendekati kota besar, rasanya daya dukung infrastruktur Kota Malang tidak memadahi lagi" jelas Agung kepada MalangTIMES, Selasa (16/4/2019).

Namun, ia mengatakan bahwa dengan adanya pengembangan infrastruktur berupa pembangunan jalan tol oleh pemerintah pusat, maka hal tersebut akan memudahkan mobilitas penduduk, baik wisatawan maupun produksi untuk bisa masuk ke Kota Malang. 

Ia mengatakan bahwa selama ini para wisatawan jika akan berkunjung ke Kota Malang harus menempuh waktu yang lama karena kemacetan di pintu masuk Malang bagian utara.

"Harapannya dengan adanya tol itu, durasi perjalanan akan berkurang," jelasnya.

Lanjutnya, hal tersebut akan berpengaruh kepada masyarakat di Kota Malang. Pengaruh tersebut Dikatakannya masyarakat Kota Malang nantinya didorong lebih kreatif lagi dalam menyambut wisatawan yang datang. Sehingga, Kota Malang akan benar-benar menjadi kota kreatif dan nantinya secara ekonomi juga akan terangkat.

Dengan tol tersebut, lanjutnya, akan berdampak pada peningkatan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Peningkatan tersebut tentunya akan berdampak juga bagi sektor ekonomi di Kota Malang.

"Tahun ini untuk wisatawan nusantara diproyeksikan naik 10 persen dari tahun kemarin yang jumlahnya mencapai 5 juta orang. Sementara wisatawan mancanegara diproyeksikan naik 10 - 15 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai 15 ribu orang. Tentunya setelah diresmikan tol itu bisa saja jumlahnya bisa lebih naik lagi" pungkasnya. 

Top