Dari kanan Gibran, Iriana, Raja Salman, Jokowi, dan Kaesang saat bertandang di istana Raja Salman. (Foto: instagram @jokowi)

Dari kanan Gibran, Iriana, Raja Salman, Jokowi, dan Kaesang saat bertandang di istana Raja Salman. (Foto: instagram @jokowi)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 berlangsung sejak Minggu (14/4/2019) hingga Selasa (16/4/2019).

Lalu selama masa tenang tiga hari itu apa saja yang dilakukan oleh para calon Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024? Untuk pasangan nomor 1 Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin memilih menghabiskan waktu bersama keluarga. Pada Minggu lalu Jokowi ditemani istrinya Iriana, dan kedua anaknya Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep melaksanakan ibadah Umrah di tanah suci Makkah. "Tak pernah terbayangkan dalam hidup saya, akan memperoleh kehormatan dan kesempatan ini datang ke Masjidil Haram, berjalan menapak tangga kayu, melewati ambang pintu Kakbah, lalu masuk ke dalamnya. Di luar, saya melihat ribuan orang dari berbagai bangsa sedang bertawaf, bergerak melingkar mengelilinginya," ungkap Jokowi melalui akun instagramnya.

"Menjelang subuh saya telah berada di dalam Kakbah, di ruangan kosong yang sedikit gelap, bersama istri dan anak-anak. Saya kemudian menunaikan salat sunnah dua rakaat ke arah empat penjuru. Perasaan saya sempat gamang, harus menghadap ke mana? Dan akhirnya saya ingat ini di dalam Kakbah. Saya bisa salat menghadap ke arah mana saja," tambahnya.

Sebelum umrah, Jokowi dan keluarga terlebih dahulu memenuhi undangan Raja Salma bin Abdulaziz al-Saud bersantap siang. Kemudian malam harinya baru keluarga ini bertanding ke tanah suci dan kembali pada Senin (15/4/2019). Sedangkan wakilnya KH Ma'ruf Amin lebih memanfaatkan waktunya bersama keluarga. Sekaligus menikmati suasana tenang dengan berolahraga di rumahnya sambil ditemani istrinya Wury. "Saya menggunakan sepeda statis selama kurang lebih 10 menit," kata Ma'ruf Amin dalam akun instagramnya @khmakrufamin. Tentunya hal ini terlebih sesuatu yang berbeda dengan gaya berpakaian saat tampil di depan media.

Ia memaki kaus, topi dan sepatu olahraga. "Selalu ingat untuk menjaga kesehatan salah satunya dengan berolahraga rutin sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Kesehatan adalah anugerah, dan wajiblah bagi kita mensyukurinya dengan menjaganya. Saya doakan kita semua agar selalu menyempatkan waktu untuk berolahraga. Aamiin yarabbal’alamin," imbuhnya.

Berbeda dengan pasangan nomor 1, Pasangan nomor 2 calon Presiden Prabowo Subianto lebih memilih untuk mengunjungi Makam ayahnya yakni Prof. Soemitro Djojohadikusumo. Hal ini tertuliskan dalam akun instagramnya @prabowo. Selain itu terlihat dalam unggahan terbarunya Prabowo juga menyempatkan untuk mengunjungi sebuah tempat galeri seni. Di situ terlihat Prabowo melihat lukisan kucing sambil dikerubungi oleh anak-anak sambil mengenakan kemeja putih. Tidak hanya itu saja, ia memiliki banyak kegiatan juga menghadiri pernikahan anak buahnya. "Masih banyak acara, juga ada jadwal olahraga biar enggak stres," ucap Prabowo.

Lalu bagaimana dengan pasangannya? Sandaran Uno sama seperti Jokowi yakni menjalankan ibadah umrah. Dia memilih mengisi masa tenang itu untuk beribadah umrah bersama istrinya Nur Asia pada Minggu (14/4/2019) dan kembali pada Senin (15/4/2019). "Walau instan tapi alhamdulillah seluruh rangkaian ibadah berjalan dengan lancar," ujar Sandi.

End of content

No more pages to load