Wasit ketika memimpin sebuah pertandingan (Soccerio.net)

Wasit ketika memimpin sebuah pertandingan (Soccerio.net)



MALANGTIMES - Dunia sepak bola kini sudah tidak asing lagi dengan Video Assisten Referee (VAR) yang digunakan untuk menentukan sikap wasit utama jika ada kejadian yang tidak terlihat dalam pandangannya.

Menanggapi hal tersebut, General Manager Arema FC Ruddy Widodo justru menilai wasit di kompetisi sepak bola Indonesia harus memiliki alat bantu komunikasi, seperti headset yang digunakan oleh wasit utama, wasit cadangan, asisten wasit 1 dan 2 juga pengawas pertandingan.

"Sebenarnya VAR itu penting juga, karena bisa melihat situasi kejadian yang tidak terlihat penuh dari pandangan wasit utama sebagai pemegang keputusan dalam suatu pertandingan. Tapi masih lebih penting alat komunikasi agar tidak memakan waktu lama jika berkoordinasi dengan wasit cadangan atau asisten wasit," ujar Ruddy.

Di Indonesia, alat bantu dengar pernah digunakan oleh wasit asing yang memimpin kompetisi Liga 1 2017. Namun di musim 2018, wasit lokal sama sekali tidak menggunakan alat bantu komunikasi.

Kedepan, Ruddy berharap kepada penyelenggara kompetisi agar bisa menyediakan alat bantu komunikasi. "Secara harga juga terjangkau kalau untuk kompetisi Liga 1, karena itu penting untuk wasit dalam mengambil suatu keputusan," katanya. 

End of content

No more pages to load