Snack api salah satu kuliner khas India yang disantap dengan api menyala. (Foto: istimewa)

Snack api salah satu kuliner khas India yang disantap dengan api menyala. (Foto: istimewa)



MALANGTIMES - Setiap berkunjung ke suatu daerah tentunya tidak bisa lepas dengan yang namanya kuliner. Kurang lengkap rasanya jika mengunjungi daerah tanpa menyantap kuliner khas atau unik.

Tak hanya kelezatannya saja, agar diminati oleh konsumen atau menggugah rasa penasaran, pemilik biasanya menyuguhkan hidangan itu dengan gaya unik, bahkan ekstrem. Seperti halnya dengan makanan-makanan di berbagai negara ini.

Berikut 5 penyajian makanan paling ekstrem di dunia, antara lain:

1. Snack Api

Hidangan khas bernama snack api atau Paan ini berasal dari India. Biasanya, Paan disajikan sebagai hidangan penutup setelah makan malam. Pencuci mulut ini terbuat dari rempah-rempah, daun sirih, cengkih, kacang pinang, kapur sirih, buah kering, dan gula. Ketika bahan sudah lengkap, Paan akan dibakar dan langsung dikonsumsi ketika api masih menyala. 

2. Nagashi Somen

Hidangan satu ini merupakan kuliner khas Jepang. Nagashi Somen adalah makanan khas yang hanya dapat ditemui ketika musim panas. Penyajian hidangan ini sangat unik, pengunjung harus menangkap mie somen yang dialirkan dengan air di sebuah bambu.
Setelah ditangkap, mie kemudian dicelupkan di saus shoyu dan siap disantap. Hal ini yang membuat makanan tersebut dinamakan Nagashi Somen, yang diambil dari kata nagashi yang berarti mengalir, dan somen, mie tipis yang terbuat dari tepung.

3. Es Krim Nitrogen

Makanan yang satu ini mungkin sudah pernah kalian coba. Nitrogen cair adalah sebuah senyawa kimia yang memiliki titik didih rendah di suhu -196 derajat celcius. Hal ini membuat nitrogen cair aman untuk dikonsumsi ketika sudah menguap. Disajikan dengan es krim, hidangan ini akan memberikan sensasi efek asap di mulut ketika dikonsumsi.

4. Molecular Gastronomy

Moleccular Gastronomy merupakan sebuah teknik penyajian makanan dengan penampilan unik yang tidak sesuai dengan makanan sebenarnya. Di Indonesia, sudah ada salah satu restoran yang mengangkat teknik ini. Para pengunjung akan disajikan berbagai makanan dengan bentuk unik dan rasa yang tidak terduga. Di sana terdapat 17 sajian unik.

Seperti halnya menu kembang gula balon tiup atau yang disebut balonku ada lima. Konsumen yang memesan makanan ini harus meniupnya dulu sampi hancur hingga menjadi bubuk remah halus, kemudian baru diletakkan di atas balon berukuran seperti kelereng berwarna merah, biru, kuning, dan siap disantap. 

5. Kopi Joss

Kopi yang satu ini sudah tidak asing lagi di Indonesia. Kopi Joss merupakan segelas kopi hitam yang disajikan dengan arang menyala. Dikenal lewat penyajiannya yang nggak biasa dan cukup ekstrem, Kopi Joss pun menjadi salah satu minuman khas dari Yogyakarta. Meski terlihat ekstrem, dipercaya arang yang dicampurkan dapat memberikan kenikmatan lebih dan aroma dan rasa yang manis, serta berkhasiat untuk menetralkan asam di dalam lambung.

End of content

No more pages to load