MALANGTIMES - Satu hari menjelang pelaksanaan pemilu atau hari ini (13/4/2019), Wali Kota Malang Sutiaji kembali melakukan pergeseran jabatan di tingkat eselon 4. Rencananya ada empat orang aparatur sipil negara (ASN) yang bakal ditunjuk menjadi kepala unit pelaksana teknis (UPT). 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang Anita Sukmawati membenarkan adanya agenda pelantikan jabatan di lingkungan Pemkot Malang. Hanya saja, Anita enggan merinci jabatan-jabatan yang akan dilantik. Termasuk empat UPT yang berganti pucuk pimpinan. "Nanti siang saja ya," jawabnya melalui pesan tertulis. 

Rencananya, Wali Kota Malang Sutiaji dan Wakil Wali (Wawali) Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko akan sama-sama menghadiri agenda tersebut. Berdasarkan jadwal kegiatan harian, pelantikan itu digelar sekitar pukul 12.30 WIB di Ngalam Command Center (NCC) di kompleks Balaikota Malang. 

Undangan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan bernomor 005/1097/35.73.403/2019 tersebut baru dibuat dan disebar kemarin (Senin, 15/4/2019). "Tambahan giat, Pak Wali dan Pak Wawali menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pengawasan di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Untuk Pak Wali masih tentative," ujar Kabag Humas Setda Kota Malang M Nur Widianto.

Sebelumnya, pada 4 Februari 2019 lalu, Pemkot Malang mengepras 30 UPT dan melakukan mutasi pada 49 pejabat pengawas. Setidaknya ada 30 UPT yang tidak lagi aktif. Dari 43 UPT, menjadi tinggal 13 unit saja yang aktif.