Ilustrasi salat subuh berjemaah dalam gerakan Rabu putih yang akan dilakukan GP Ansor Kabupaten Malang (Ist)

Ilustrasi salat subuh berjemaah dalam gerakan Rabu putih yang akan dilakukan GP Ansor Kabupaten Malang (Ist)


Pewarta

Dede Nana

Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Berbagai upaya menjelang hari pencoblosan pemilu 2019 agar berjalan aman, damai dan lancar. Dilakukan berbagai unsur masyarakat, tak terkecuali dari Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Malang.

Sebagai organisasi sayap keagamaan terbesar yaitu Nahdatul Ulama (NU), tentunya upaya itu dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan upaya dunia yaitu melakukan bantuan pengamanan petugas di lokasi pencoblosan, maupun mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mendatangi tempat pemungutan suara (TPS). Sedangkan upaya kedua adalah melalui ikhtiar batiniah, meminta kepada Allah, dengan cara melakukan salat subuh berjamaah dan istighosah.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua GP Ansor Kabupaten Malang Husnul Hakim Syadad, Senin (15/04/2019) kepada MalangTIMES.com Dirinya menyampaikan empat instruksi bagi jajaran pengurus cabang,  anak cabang sampai  ranting di seluruh  desa se-kabupaten Malang.

"Instruksi pertama dalam Gerakan Rabu Putih yang telah kita deklarasikan waktu lalu adalah melaksanakan salat subuh berjemaah. Sekaligus istighosah bagi seluruh kader dan anggota GP Ansor," kata Husnul menyampaikan salah satu upaya GP Ansor dalam ikut serta menyukseskan perhelatan 5 tahunan di Kabupaten Malang.

Upaya tersebut sebagai bagian hamba Allah yang tidak memiliki daya dan kekuatan apapun. Melalui salat subuh dan istighosah massal di seluruh kader GP Ansor, meminta perlindungan Allah sehingga seluruh rangkaian pemilu terlaksana secara kondusif.
Selain upaya batiniah itu, GP Ansor melalui gerakan rabu putih juga menginstruksikan seluruh kadernya untuk pro aktif mengajak masyarakat di wilayahnya masing-masing untuk datang ke TPS serta menjaga kondusifitas jalannya pencoblosan.

"Ajakan ini juga menjadi penting dalam upaya menyukseskan pemilu. Kita ajak bersama-sama masyarakat untuk menyalurkan haknya di TPS," ujar Husnul yang juga mengatakan pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan pihak Polri dan TNI dalam rangka membantu pengamanan pemungutan suara dan penghitungan suara dl TPS nantinya.

"Ini wujud kita sebagai bagian dalam bernegara. Sehingga keterlibatan  GP Ansor bisa jadi bagian untuk ikut aktif mewujudkan asas pemilu. Harapan kita jelas bahwa pemilu 2019 bisa menghasilkan para pemimpin yang baik dan tepat," urainya.

Sedangkan instruksi GP Ansor dalam gerakan Rabu putih adalah mengajak seluruh kadernya ikut serta menjaga suasana kondusif di masa tenang.

End of content

No more pages to load