MALANGTIMES - Tinggal dua hari lagi, pencoblosan Pemilu 2019 akan digelar secara serentak. Berbagai kesibukan pun semakin terlihat dari berbagai unsur penyelenggara sampai elemen masyarakat. Tidak terkecuali Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Malang.

 Majelis Pimpinan Cabang (MPC) PP Kabupaten Malang, sebagai salah satu unsur organisasi masyarakat, menyatakan bahwa untuk perlehatan Pemilu 2019, perlu adanya dukungan penuh dari seluruh elemen yang ada. Khususnya dalam upaya bersama aparat keamanan menjaga dan menciptakan suasana kondusif dan lancar pada hari H Pemilu 2019.

Untuk itulah, MPC PP Kabupaten Malang mengeluarkan instruksi kepada seluruh pengurus anak cabang (PAC) maupun kader untuk selalu siap siaga dan ikut mengamankan jalannya pencoblosan yang jatuh 17 April mendatang. "Kami instruksikan untuk siap siaga dan ikut serta aktif bersama petugas dalam upaya membantu jalannya pemilu. Ikut menjaga, mengamankan juga sehingga tercipta suasana kondusif. Tentunya wajib tetap berkoordinasi dengan pihak kepolisian," kata Priyo Sudibyo, ketua MPC PP Kabupaten Malang, Senin (15/04/2019).

Priyo juga menegaskan kepada seluruh kader dan PAC PP Kabupaten Malang apabila menemukan pelanggaran-pelanggaran pidana pemilu untuk segera mengamankan oknum tersebut.  "Amankan kalau menemukan hal itu, lantas bawa ke kantor polisi terdekat," tegasnya yang juga menyatakan, pihaknya mempersilakan seluruh kader PP Kabupaten Malang untuk ikut keliling dalam proses membantu petugas di hari pencoblosan.

Dalam proses membantu menjaga dan mengamankan tersebut, Priyo atau lebih dikenal dengan sapaan Bogank juga menegaskan, selain wajib melakukan koordinasi dengan petugas, dirinya memperbolehkan seluruh kader PP Kabupaten Malang berpatroli. "Silakan bersama kepolisian untuk menjaga itu. Tapi gunakan atribut resmi PP, baik kendaraan sampai seragam saat berkeliling nantinya," ujar Bogank.

Pada kesempatan berbeda, kesibukan lain terjadi di tingkat Bawaslu Kabupaten Malang. Para petugas Bawaslu bersama Satpol PP Kabupaten Malang mulai bergerilya kembali dalam upaya menertibkan alat peraga kampanye (APK) di berbagai ruas jalan di Kabupaten Malang.

Target wilayah Kabupaten Malang bersih APK, yaitu Senin (15/04/2019) pukul 24.00 WIB yang jadi sasaran Bawaslu kembali melakukan penyisiran tersebut. "Itu waktu maksimal seluruh caleg dan tim pemilu untuk segera membersihkan APK. Sehingga tanggal 16 sudah bersih," ujar George Da Silva, koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kabupaten Malang.