Persiapan Tri Hari Suci jelang perayaan Paskah di Gereja Ijen, Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

Persiapan Tri Hari Suci jelang perayaan Paskah di Gereja Ijen, Kota Malang. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)



MALANGTIMES - Kurang dari sepekan perayaan Paskah, Gereja Katedral St Perawan Maria dari Gunung Kamel atau Gereja Ijen mulai berbenah. Hari ini (15/4/2019) panitia mulai menata dan membersihkan semua fasilitas yang ada. Sehingga, para jemaah bisa lebih khidmat saat melakoni ibadah khususnya pada Jumat Agung (19/4/2019) mendatang. 

Ketua Dewan Paroki Gereja Katedral Ijen Malang Nugroho Sugiwijono mengungkapkan bahwa ibadah menyambut Paskah akan dimulai sejak Kamis petang. "Persiapan dilakukan karena saat ibadah mulai Kamis hingga Minggu akan diikuti ribuan jemaah," ujarnya. 

Selain memasang sejumlah dekorasi, persiapan juga dilakukan dengan pembersihan patung dan kursi-kursi jemaah. Selain itu, pihak gereja juga akan mempersiapkan tenda tambahan untuk mewadahi antusias umat. Panitia juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian terutama terkait pengamanan dan juga pengaturan lalu lintas. 

Perayaan Paskah sendiri juga dikenal dengan Tri Hari Suci. Diawali dengan Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci hingga Minggu Paskah. Hari-hari tersebut merupakan rangkaian peringatan peristiwa Yesus Kristus menjelang dan wafat di Kayu Salib. Umat kristiani pun juga diwajibkan menjalankan puasa dan pantang selama 40 hari sebelum perayaan. 

Mengacu pada perayaan tahun-tahun sebelumnya, ibadah di gereja yang juga pusat Keuskupan Malang tersebut dilangsungkan tiga kali. Yakni pukul 12.00 WIB, 15.00 WIB, dan 18.00 WIB. Sementara untuk jadwal misa harian dilangsungkan pada pukul 05.30 WIB, dan pada Sabtu pukul 16.30 WIB. Di hari Minggu ada empat kali misa, dua kali ibadah pagi pada pukul 05.30 dan 07.30 WIB serta pada pukul 16.30 dan 18.30 WIB pada sore hari. 

End of content

No more pages to load