MALANGTIMES - Untuk mewujudkan program seribu mata Closed Circuit Television (CCTV), Pemkot Batu bakal menambah 6 lokasi di tahun anggaran 2019 ini. Enam lokasi itu berada di Jalan Ir Soekarno Kecamatan Junrejo (perbatasan), Jalan Ir Soekarno Kecamatan Junrejo (krematorium), Jalan Raya Selecta (simpang 3), Jalan Raya Junggo, Jalan Sultan Agung, Jalan Abdul Gani, dan Jalan Suropati. 

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan, anggaran yang digelontorkan untuk 6 unit cctv ini Rp 1,2 miliar. Keberadaan CCTV ini bertujuan meningkatkan keamanan yang lebih kondusif di wilayah Kota Batu. Khususnya juga bagi kaum wanita dan anak-anak. “Program seribu mata CCTV ini untuk mewujudkan keamanan di Kota Batu. Khususnya bagi kaum wanita dan anak-anak,” kata Punjul. 

Dia juga menyatakan, keamanan dan kenyamanan itu perlu ditingkatkan. Sebab Kota Batu merupakan kota wisata yang dikunjungi banyak orang. 

Dia menyebutkan, dari total seribu CCTV yang bakal dipasang hingga saat ini sudah ada 680 yang terpasang. Selain itu untuk 680 CCTV yang sudah terpasang itu, juga terkoneksi dalam satu server yang ada di beberapa tempat wisata. “Dan kita bisa mengakses CCTV ini di beberapa tempat wisata sehingga kita bisa mengetahui kepadatan saat libur datang,” imbuhnya kepada MalangTIMES.com

Tidak hanya mewujudkan seribu mata CCTV, tetapi 20 CCTV spot milik Pemkot Batu juga dikoneksikan untuk pelayanan publik terpadu Sanika Satyawada Polres Batu. CCTV ini juga dapat diakses menggunakan gawai.