Kondisi saluran air sungai yang tersumbat sampah di Kota Batu, Sabtu (13/4/2019). (Foto: Istimewa)

Kondisi saluran air sungai yang tersumbat sampah di Kota Batu, Sabtu (13/4/2019). (Foto: Istimewa)


Editor

A Yahya


MALANGTIMES - Sampah benar-benar bikin susah. Gara-gara sampah yang dibuang sembarangan menyebabkan aliran sungai tersumbat.Sumbatan itu membuat banjir di dua titik Kota Dingin ini saat hujan Sabtu (13/4). 

Dua titik yang terdampak itu berada di Jalan Arumdalu, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu dan Jalan Hasanudin, Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji.

Di Jalan Arumdalu, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan aliran sungai yang meluap karena tersumbat sampah menyebabkan volume air sungai meningkat dan mengikis plengsengan teknis sehingga menyebabkan longsor. 

"Material longsor beserta sampah itu menutup aliran sungai, sehingga menyebabkan air meluap,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim.

Plengsengan yang terkikis itu, memiliki dimensi kurang lebih tinggi 3 meter panjang 2,5 meter. Upaya yang telah dilakukan BPBD Kota Batu bersama warga melakukan Kaji cepat dan pembersihan materila longsor. 

Kronologi yang sama juga terjadi di Jalan Hasanudin, Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji. LUapan air serta sampah ini bahkan menutup badan sungai. “Sampah-sampah itu terbawa di aliran sungai, sehingga menyebabkan air meluap. Sehingga rumah yang berdekatan dengan aliran sungai ini berdampak. Salah satunya rumah milik Riduwan,” imbuhnya.

Selain itu dampak lainnya Badan jalan tertutup lumpur dengan tebal sekitar 5 hingga 10 centimeter. Upaya yang telah dilakukan yakni dengan pembersihan material. 

End of content

No more pages to load