MALANGTIMES - Meski masih baru seumur jagung di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang atau UIN Malang, jurusan Perpustakaan dan Sains Informasi (PSI) terus meningkatkan kualitasnya. Utamanya dalam menyiapkan mahasiswanya untuk menjawab tantangan di era revolusi industri 4.0.

Sri Harini, Dekan Fakultas Saintek memaparkan bahwa jurusan ini memang disiapkan untuk menjawab tantangan di Era Revolusi Industri 4.0, utamanya melalui disiplin ilmu perpustakaan. "Terlebih jurusan yang masih memasuki tahun pertama di kampus hijau ini, masih membutuhkan berbagai perkembangan akademik bagi kemajuan mahasiswa yang dimilikinya," ujarnya.

Nah, salah satu upaya UIN Malang untuk menyiapkan lulusan perpustakaan agar mampu menyongsong era revolusi industri ini dengan baik, yakni membekali mahasiswa melalui Kuliah Tamu bersama Kepala Digital Arsip Yogi Hartono CNN Indonesia.

Kegiatan yang dilangsungkan di Rumah Jurnal Perpustakaan Pusat Lt.1 ini dihadiri oleh pejabat di Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek), Kamis (11/4).

Adanya kuliah tamu bersama salah satu peraih penghargaan karyawan terbaik Transmedia Group 2018 ini, diharapkan semakin membuka pikiran bagi mahasiswa bahwa jurusan perpustakaan nantinya tidak hanya bertugas sebagai penjaga buku.

Jurusan perpustakaan sendiri mendapatkan tugas yang sangat berharga yakni penjaga aset yang memiliki nilai lebih dalam sebuah lembaga atau perusahaan nantinya.

Selaku narasumber, Yogi Hartono memberikan tantangan bagi mahasiswa untuk terus meng-upgrade keilmuannya, serta memperluas jaringan komunikasi dengan berbagai pihak. "Dengan kedua hal itu akan sangat membantu mengembangkan softskill yang mencapai 40 persen penilaian dalam melamar pekerjaan nantinya," ujarnya.

Kepada para mahasiswa pun Yogi menceritakan pengalamannya mengenai kriteria orang yang dicari perusahaan, yakni orang-orang yang memiliki kemampuan dalam bekerja dengan tim. "Berkaca dari pengalaman saya, kebanyakan perusahaan mencari orang-orang yang memiliki kemampuan lebih dalam bekerja sama atau kerja tim. Untuk itu wajib bagi mahasiswa memiliki sifat kolaborasi agar tidak tergilas atau tertinggal oleh zaman," tandas Yogi.