Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba-Serbi

Kicauan Kocak Warganet Terhadap Katie Bouman, Ilmuwan Wanita di Balik Gambar Black Hole

Penulis : Dede Nana - Editor : A Yahya

11 - Apr - 2019, 19:35

Katie Bouman sang jenius, sosok di balik gambar lubang hitam (Ist)
Katie Bouman sang jenius, sosok di balik gambar lubang hitam (Ist)

MALANGTIMES - Satu misteri besar alam semesta akhirnya terkuak melalui perjuangan panjang perempuan bernama Katie Bouman. Sosok ilmuwan muda yang akhirnya mampu memberikan gambar tentang black hole atau lubang hitam. 

Baca Juga : Akhir Kisah Sahabat Rasulullah yang Mengatakan Zakat Adalah Pungli

Lubang hitam merupakan 'monster' yang melahap segala sesuatu yang ada di semesta. Lubang hitam selama ini dikaburkan oleh perisai gravitasi yang tidak dapat ditembus. Letaknya sangat jauh dan berukuran sangat kecil. Memiliki diameter 44 juta kilometer dan massa empat juta kali lebih berat dibandingkan matahari, sehingga untuk mengabadikannya bagaikan memotret bola golf di permukaan bulan.

Tapi dengan berbagai kesukaran tingkat dewa, Bouman beserta ratusan peneliti lainnya akhirnya mencetak sejarah dikarenakan mampu memfoto lubang hitam pertama dalam sejarah. Melalui algoritma yang dirancang Bouman sejak dirinya masih menyandang status sebagai mahasiswi pascasarjana jurusan ilmu komputer dan kecerdasan buatan di Massachusetts Institute of Technology.
"Salah satu kontribusi terpenting Katie adalah ia bisa menghadirkan foto-foto natural. Bayangkan foto-foto yang diabadikan menggunakan kamera ponsel - tentu ada karakter tertentu yang berbeda," terang Vincent Fish, salah satu peneliti di MIT Haystack Observatory. 

Keberhasilan tersebut membuat masyarakat dunia memberikan apresiasinya terhadap Bouman khususnya. Tak terkecuali warganet Indonesia yang ramai memberikan apresiasi. Tentunya, komentar warganet tak lepas dengan beberapa guyonan terkait Bouman. Seperti yang dicuitkan @aripambon, "Bro bro kalo pacaran sama cewe yg kaya Katie Bouman tuh hati hati bro kalo mau selingkuh. Black hole yg jauh aja bisa kepoto apalagi lau yg selingkuhnya masih satu planet," tulisnya kocak.

Akun lainnya pun akhirnya ramai dengan guyonan atas keberhasilan Bouman yang lagi viral diberbagai media. @insanedio menuliskan komentar satirnya terkait kejeniusan dan kerja keras Bouman. "Mbak Katie Bouman, umur 29 tahun udah berhasil foto lubang hitam. Sementara mbak-mbak yang lain sibuk ilangin noda hitam di foto," ujarnya, Kamis (11/04/2019).

Baca Juga : Pengantin 'Masker', Anak Kapolsek Beji Menyambut Hari Bahagia di Tengah Pandemi Covid-19

@SUSI_AJ1406 juga ikut berkomentar terkait hal itu dengan membandingkan nasibnya secara kocak juga. " Dr Katie Bouman, 29 thn, ngitung2 alogaritma, mewujudkan blackhole ke dlm gambar. Smtr disini ciwi2 yg jauh lbh muda mlh sibuk ngitung2 sbrp besar peluang utk mendptkan si dia. Sdgkn gue ya ngitung2 lembaran2 rupiah krn pajak2 yg hrs gue bayar sdh menanti," tulisnya dan disusul dengan komentar lucu lain, "Diatas langit msh ada Hotman Paris. Bawah langit dikit ada Lucinta Luna. Nyeberang ke blackhole ada Dr Katie Bouman. Tp klo gue mah jgn dicari. Msh di kerak bumi kok," imbuh Susi.

Akun lain yaitu @anggagam juga menuliskan, "Ketika Katie bouman berhasil foto black hole, di belahan dunia sana masih ada yang berkutat foto selfie mana yang mau diupdate ke medsos," ungkapnya. 

@RosseMya juga angkat jempol atas kecerdasan Bouman tersebut. Saat dirinya membandingkan dengan Bouman. "Katie Bouman : berhasil ngambil gambar black hole dgn menciptakan rumus2. Me : boro2 ciftain rumus cara agar bisa chat sama gebetan aja gk tau hrs pake rumus apa lagi hahaha," tulisnya.


Topik

Serba-Serbi berita-malang misteri-besar-alam-semesta Katie-Bouman Lubang-hitam MIT-Haystack-Observatory @aripambon


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dede Nana

Editor

A Yahya