Ilustrasi trekking (Ist)

Ilustrasi trekking (Ist)



MALANGTIMES - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang merupakan salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) yang terbilang aktif bermain media sosial (medsos) di akun resmi Instagram-nya, yaitu disparbudkabmalang.
Tercatat, Disparbud Kabupaten Malang telah mem-posting 714 informasi di akun resminya yang diikuti oleh 3.392 pengikut itu. Baik berupa foto-foto kegiatan dan informasi kepariwisataan sampai dengan berbagai video destinasi wisata di Kabupaten Malang.

Selain postingan tersebut, akun disparbudkabmalang juga mulai berkreasi dalam memberikan informasi tambahan kepada masyarakat. Yakni, berupa postingan tips yang tentunya tetap terkait dunia kepariwisataan.
Contohnya adalah tips trekking bagi masyarakat yang memiliki hobi berpetualangan di lokasi-lokasi wisata Kabupaten Malang. 

Seperti diketahui, destinasi wisata di bumi Arema bukan hanya jajaran pantai indahnya saja. Tapi juga dipenuhi dengan wisata alam pegunungan sampai wisata alam yang memicu adrenalin wisatawan.

Dari postingan IG disparbudkabmalang, Rabu (10/04/2019) kemarin, admin melempar tips trekking bagi wisatawan yang ingin menjajal wisata alam Kabupaten Malang. Khususnya bagi para pemula yang sudah bosan dengan wisata yang langsung dinikmati, tanpa harus berkeringat terlebih dahulu.

Di postingan tersebut, terdapat 6 tips trekking yang akan membuat anda senang dan mendapatkan sensasi lain menikmati keindahan alam Kabupaten Malang yang sebagian hanya bisa ditempuh dengan roda dua dan berjalan kaki saja.

Tips pertama, bagi para pemula yang akan melakukan trekking, mulailah dengan jalur dan rute pendek terlebih dahulu. Hal ini untuk menguji kekuatan fisik, karena trekking walaupun hanya aktivitas berjalan kaki tapi membutuhkan latihan. Sehingga tidak akan membuat badan kaget dan kelelahan.

 

Jangan trekking jomblo. Itulah tips kedua yang disampaikan Disparbud Kabupaten Malang. Trekking jomblo adalah melakukan perjalanan alam sendirian. Imbauan agar tidak melakukan trekking jomblo atau sendirian, cukup penting bagi para pemula. Pasalnya, dengan melakukan trekking jomblo, maka rasa lelah akan semakin terasa bila melalui rute panjang. Selain itu, rute trekking adalah alam bebas yang tentunya memiliki potensi kerawanan.

Trekking jomblo sangat rawan dilakukan di alam bebas dengan rute panjang. "Berjalan bersama-sama akan membuat trekking di alam bebas dan rute panjang menjadi menyenangkan. Selain saling bisa memberikan motivasi dan semangat saat menaklukkan rute panjang," tulis admin disparbudkabmalang.

Tips ketiga adalah biasakan berolahraga secar rutin. Sehingga saat akan melakukan trekking, fisik dan stamina akan prima. Selain tentunya saat trekking, jangan sampai membawa bekal selalu berlebihan. 

"Bawalah bekal secukupnya. Ini berpengaruh pada tumpuan kaki saat trekking bila membawa bekal berlebihan. Tips lain bawalah makanan dan minuman yang cepat menambah stamina. Misalnya, madu, cokelat, buah kurma atau gula merah Jawa," ujarnya.

Tips kelima, istirahatlah secukupnya dan yang efektif. Duduk sambil makan dan minum  juga secukupnya. Istirahat dalam trekking jangan sampai lama, cukup sekitar 10-15 menit. Sehingga tubuh kembali bersiap untuk melakukan trekking lagi. Saat berjalan aturlah napas secara santai dan rileks, sehingga ritme detak jantung stabil.

Sedangkan tips keenam adalah gunakan sepatu dan busana yang nyaman serta sesuai dengan medan trekking serta cuaca yang terjadi saat akan melakukan trekking.

 

End of content

No more pages to load