Pakai Batas Atas, Harga Tiket Kereta Api Lebaran Malang-Jakarta Hingga Rp 760 Ribu

Apr 11, 2019 09:28
Suasana penumpang di Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)
Suasana penumpang di Stasiun Malang Kotabaru. (Foto: Nurlayla Ratri/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Penerapan batas atas untuk tarif kereta api kembali diberlakukan selama periode Hari Raya Idul Fitri 2019 ini. Meski lebaran masih sekitar dua bulan lagi, tetapi tiket keberangkatan tanggal-tanggal tertentu telah ludes terjual. Termasuk KA tambahan Matarmaja Lebaran relasi Malang-Jakarta Pasar Senen.

Kepala Stasiun Malang Kotabaru Radne Anyarso Tulad mengungkapkan, pada lebaran kali ini, Stasiun Malang menyediakan dua KA tambahan. Yakni, KA Matarmaja tambahan ekonomi dan KA Gajayana Lebaran eksekutif. Terkait harga yang diberlakukan untuk KA lebaran ini, PT KAI menggunakan tarif batas atas untuk KA Gajayana reguler maupun tambahan lebaran. 

Baca Juga : Tanggapan Resmi Gojek dan Grab soal Fitur Ojek Online yang Hilang dari Aplikasi

"Untuk relasi Malang-Jakarta KA Gajayana saat ini harganya mencapai Rp 760 ribu. Sedangkan untuk KA Matarmaja lebaran dan reguler harganya sama yakni Rp 109 ribu," tutur Radne. Menurutnya, penambahan kereta itu mengantisipasi tingginya volume penumpang. Meskipun secara jumlah, KA tambahan tahun ini tidak jauh berbeda dengan lebaran tahun 2018 kemarin.

Untuk ketersediaan tempat duduk KA lebaran tersebut, sambung Radne, setiap harinya ada sekitar 1.300 kursi. Dengan rincian, kuota KA Matarmaja tambahan sebanyak 848 tempat duduk. Sedangkan KA Gajayana sekitar 450 tempat duduk. "KA tambahan ini dijalankan mulai tanggal 29 Mei sampai dengan 15 Juni 2019," tuturnya.

Radne mengatakan, untuk KA Matarmaja tambahan keberangkatan 29 Mei hingga 5 Juni dari Jakarta Pasar Senen menuju Stasiun Malang telah habis terjual. "Sedangkan untuk KA Matarmaja reguler keberangkatan 26 Mei hingga 8 Juni hanya tersisa beberapa seats," katanya.

Untuk KA eksekutif Gajayana tambahan yang sudah habis tanggal 26 Mei hingga 2 Juni. Sedangkan tanggal lainnya masih banyak kursi yang tersedia. "Sementara untuk KA Matarmaja tambahan keberangkatan dari Stasiun Malang menuju Jakarta Pasar Senen pada 7 hingga 16 Juni telah ludes terjual," imbuh Radne. 

Baca Juga : PSBB Jakarta, 5 Perjalanan KA Jarak Jauh Daop 8 Surabaya Dibatalkan

Bagi masyarakat yang ingin membeli tiket KA tambahan lebaran ini, diimbau untuk melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KA Access, website PT KAI, dan berbagai channel resmi penjualan tiket. "Diimbau pada masyarakat agar membeli tiket KA lebaran di kanal resmi atau mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI untuk menghindari penipuan," ujar pria asal Jawa Tengah ini. 

Secara nasional, PT KAI menyediakan 50 kereta tambahan lebaran. KA tambahan lebaran tersebut mengacu pada rute-rute yang menjadi favorit masyarakat, diantaranya Malang, Semarang, Tegal, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan daerah lainnya. 50 kereta tersebut menyediakan 29.456 tempat duduk.

Topik
Berita MalangHarga Tiket Kereta Api LebaranPenerapan batas atas tarif kereta apiKepala Stasiun Malang KotabaruRadne Anyarso Tulad

Berita Lainnya

Berita

Terbaru