Presiden Jokowi Minta Kapolri Tindak Tegas Pelaku Kekerasan Terhadap Audrey, Via Vallen: Mantap Pak, Jangan Ada Audrey Lainnya

MALANGTIMES - Penganiayaan terhadap Audrey (14) pelajar SMP di Pontianak, Kalimantan Barat, oleh 12 siswa SMA beberapa waktu lalu, ternyata mendapat perhatian khusus dari orang nomor satu di Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akhirnya mendengar peristiwa miris praktik perundungan yang mengarah kepada tindak kekerasan fisik, angkat bicara. Setelah ribuan masyarakat, tokoh publik sampai pejabat daerah di Pontianak, bereaksi keras atas perlakuan di luar batas para siswa SMA tersebut.

Apalagi, dari berbagai postingan warganet di medsos, para pelaku kekerasan terhadap Audre terkesan tidak berdosa atas yang diperbuatnya. Baik saat berada di kantor polisi, dimana mereka malah asyik berswafoto dan video. Sampai foto mereka yang masih bisa tertawa-tawa sambil nongkrong bareng di sebuah cafe.

Kelakuan tersebut yang membuat masyarakat Indonesia semakin geram. Bahkan Presiden Jokowi pun akhirnya mengeluarkan pernyataannya, yakni meminta Kapolri untuk bertindak tegas dalam menangani kasus tersebut.

"Kita semua sedih dan marah dengan kejadian ini. Saya telah meminta Kepala Kepolisian RI untuk bertindak tegas menangani kasus ini. Penanganannya harus bijaksana dan berjalan sesuai koridor undang-undang yang sesuai, mengingat korban dan pelaku masih di bawah umur...," tulis Presiden Jokowi melalui akun @jokowi yang langsung mendapat respon warganet sebanyak 23.156 komentar. Cuitan Jokowi pun disukai sekitar  508.268 sejak Rabu (10/04/2019) malam.

Bahkan para pesohor pun menanggapi sikap Jokowi tersebut. Via Vallen, misalnya, secara langsung menyampaikan apresiasinya atas perhatian Jokowi terhadap kasus Audrey.

"Mantaaapp pak, harus ditindak tegas. Jangan sampai karena di bawah umur dijadikan alasan buat mereka bebas begitu saja. Karena kalau sampai demikian akan banyak audrey-audrey lainnya," ucap Via Vallen yang juga mendapat balasan komentar cukup ramai dari warganet.

Komentar warganet terus berlahiran atas kasus tersebut. Berbagai dugaan adanya beking di belakang para pelaku sampai adanya penyelesaian cara damai. Meramaikan medsos dalam beberapa hari ini. 

"Kalau RI1 udah ngomong gini, itu bekingan ya bisa apa sekarang ?" tulis akun _naoky_ yang mendapat tanggapan dari warganet lainnya, "ditambah sama Abang kota Abang hotman...mengkerut tuh bekingan," ujar anglingsoekardi.

Dalam cuitan panjangnya Jokowi selain meminta Kapolri bertindak tegas dalam kasus tersebut, sang capres 01 ini juga menyampaikan, agar semua orang tua, guru,dan masyarakat bersama-sama merespon setiap perubahan-perubahan yang terjadi. 

"Mengawasi betul anak-anak kita dan meluruskan hal-hal tidak benar. Yang paling penting budaya kita, etika kita, norma dan nilai agama kita, semua tidak memperbolehkan adanya perundungan apalagi penganiayaan fisik," tulis Jokowi.

Top