Tanah Longsor Tutup Akses Jalan Desa Gunungsari, DAM Juga Jebol

MALANGTIMES - DAM ambrol dan tanah longsor mengguncang Kota Batu dalam 2 hari ini. Jika DAM ambrol membuat banjir, tanah longsor menutup akses jalan Sabtu (6/4/2019). Tanah longsor itu terjadi Jalan Penghubung Dusun Brumbung dan Dusun Pager Gunung, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kejadian tanah longsor ini berlangsung saat hujan menerpa daerah tersebut pukul 15.00.

Tanah longsor berada di kawasan tebing dengan dimensi tinggi 10 meter, panjang 15 meter, dan lebar 6 meter itu langsung menutup akses jalan yang memiliki lebar kurang lebih empat meter. “Hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu pada Sabtu (6/4/2019) mulai siang hingga sore hari tidak berhenti, sehingga menyebabkan tebing longsor,” kata Kasi Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu Achmad Choirul Rochim.

Mengetahui adanya bencana ini tim BPBD Kota Batu Polsek Bumiaji, Koramil Bumiaji, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu, Palang Merah Indonesia, warga setempat langsung melakukan pembersihan di lokasi kejadian. 

Namun untuk mempercepat pembersihan lokasi tersebut, lanjut Rochim, melakukan koordinasi pengerahan alat Berat dengan Dinas PUPR. Ya akhirnya mendatangkan alat berat. “Karena untuk mempercepat membersihkan material tanah longsor ini kita koordinasikan untuk mendatangkan alat berat supaya cepat karena akses jalan penghubung,” imbuhnya. 

Dengan demikian, pengerjaan untuk pembersihan jalan itu dipercepat dengan adanya alat berat. Melihat materil itu terdapat pohon pring. 

Sedang kejadian DAM jebol pada Jumat (5/4/2019) laporan diterima oleh BPBD kota Batu Sabtu (6/4/2019) terjadi di Dusun Prambatan, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Kejadian disebabkan karena hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Kota Batu Jumat lalu, mulai siang hingga sore hari. Akibat kejadian tersebut menyebabkan Bronjong sepanjang 9 meter dan lebar 4 meter rusak dan sebagian terbawa arus aliran sungai. 

Top